Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketika Megawati Sebut Prabowo 'Sahabat' saat Resmikan Patung Bung Karno di Kemenhan

Momen keakraban antara Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto terekam kuat saat peresmian patung Presiden Soekarno

Penulis: Gita Irawan
Editor: Sanusi
zoom-in Ketika Megawati Sebut Prabowo 'Sahabat' saat Resmikan Patung Bung Karno di Kemenhan
Dok. Kementerian Pertahanan
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Ir Sukarno menunggang kuda, Minggu (6/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Momen keakraban antara Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto terekam kuat saat peresmian patung Presiden Soekarno di halaman kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI, Jakarta, Minggu (6/6/2021).

Pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2009 itu secara bersama sama meresmikan dan menekan tombol sirene tanda peresmian patung Bung Karno tersebut.

Meski sempat dua kali pemilu setelahnya yakni 2014 dan 2019 Megawati dan Prabowo berada di kubu yang berseberangan, di mana PDIP mencalonkan Joko Widodo yang menjadi lawan Prabowo, namun hal itu tidak berpengaruh terrhadap keakraban keduanya, seperti yang terlihat pada peresmian patung Bung Karno kemarin.

Baca juga: Jika Maju Pilpres, Prabowo, Anies, Ganjar, Siapa Menang? Ini Peta Elektabilitas 7 Lembaga Survei

Saat menandatangani dokumen peresmian yang disiarkan secara virtual, Prabowo yang juga merupakan Ketua Umum Partai Gerindra itu membantu Megawati memastikan penandatangan dilakukan dengan lancar.

sahabat

Usai peresmian dan foto bersama, keduanya terekam berbincang akrab.

Baca juga: Bukan Puan Tapi Prananda yang Dampingi Megawati di Acara Prabowo, Terkait Capres 2024?

Prabowo juga tampak mendampingi Megawati di belakang mimbar pidato saat putri Bung Karno itu tengah memberi sambutan peresmian.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Ir Sukarno menunggang kuda, Minggu (6/6/2021).
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Ir Sukarno menunggang kuda, Minggu (6/6/2021). (Dok. Kementerian Pertahanan)
BERITA TERKAIT

Dalam sambutannya Megawati mengucapkan terimakasih atas dibuatnya patung Bung Karno.

Ia pun khusus juga menyampaikan rasa penghormatan kepada Prabowo yang ia sebut sebagai "sahabat".

”Atas nama pribadi dan keluarga Bung Karno, saya mengucapkan terima kasih dan penghormatan secara khusus kepada Bapak Prabowo, Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan sekaligus sahabat saya, atas peresmian patung Bung Karno ini,” kata Megawati.

Patung Bung Karno naik kuda itu dibuat untuk mengabadikan momen saat sang proklamator Indonesia itu menghadiri peringatan Hari Angkatan Perang pertama di Yogyakarta, 5 Oktober 1946 silam.

Peresmian Patung Bung Karno itu juga bersamaan dengan momentum hari kelahiran Sang Proklamator ke-120 tahun.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Ir Sukarno menunggang kuda, Minggu (6/6/2021).
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersama Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Ir Sukarno menunggang kuda, Minggu (6/6/2021). (pdiperjuangan.id)

Megawati dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas penghormatan yang diberikan kepada ayahnya tersebut.

”Kebetulan, peresmian Patung Bung Karno bertepatan pada peringatan hari kelahiran beliau yang ke 120 tahun. Jadi sungguh menurut kami keluarga, sangat istimewa," kata Megawati.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas