Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Alasan Universitas Pertahanan Berikan Megawati Soekarnoputri Gelar Profesor Kehormatan

Unhan akan menganugerahi gelar Profesor Kehormatan dengan status Guru Besar Tidak Tetap untuk Presiden ke-5 RI, Megawati, Apa alasannya?

Penulis: Gita Irawan
Editor: Sanusi
zoom-in Ini Alasan Universitas Pertahanan Berikan Megawati Soekarnoputri Gelar Profesor Kehormatan
Ist
Universitas Pertahanan RI (Unhan) akan menganugerahi gelar Profesor Kehormatan dengan status Guru Besar Tidak Tetap untuk Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Pertahanan RI (Unhan) akan menganugerahi gelar Profesor Kehormatan dengan status Guru Besar Tidak Tetap untuk Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri.

Pengukuhan gelar itu akan dilakukan pada sidang senat terbuka yang bakal digelar pada Jumat (11/6) mendatang.

”Pada hari Jumat (11/6) akan dilakukan sidang senat terbuka Universitas Pertahanan RI dalam rangka pengukuhan gelar Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan Unhan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri,” jelas Rektor Unhan Laksamana Madya Amarulla Octavian dalam keterangan resminya, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: POPULER NASIONAL Harta Ketum PDIP Megawati Capai Rp215 M | Soal Permintaan Maaf Haikal Hassan




Amarulla mengatakan sidang senat akademik Unhan RI telah menerima hasil penilaian Dewan Guru Besar Unhan atas seluruh karya ilmiah Megawati.

Hal tersebut sebagai syarat pengukuhan menjadi Profesor Kehormatan.

Baca juga: Keluarga Megawati Cerita Alasan Dirikan Masjid At Taufiq

Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, serta sejumlah menteri kabinet, dijadwalkan hadir di acara pengukuhan gelar profesor kehormatan itu.

Megawati bukan orang pertama yang menerima gelar kehormatan dari Unhan.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Unhan juga pernah menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) Ilmu Pertahanan bidang Perang Semesta kepada Jenderal (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu di Aula Merah Putih, Unhan, Kawasan IPSC Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/5).

Baca juga: Bangga Megawati Terima Gelar Profesor Kehormatan, Sekjen PDIP: Beliau Miliki Kepemimpinan Kuat

Amarulla menjelaskan alasan pemberian gelar kehormatan untuk Megawati tidak terlepas dari kepemimpinan Presiden ke-5 RI itu dalam menghadapi konflik dan krisis multi dimensi di era pemerintahannya.

Diketahui, Megawati memimpin Indonesia pada periode 2001-2004 lalu.

"Unhan RI mencatat keberhasilan Megawati saat di pemerintahan dalam menuntaskan konflik sosial seperti penyelesaian konflik Ambon, penyelesaian konflik Poso, pemulihan pariwisata pasca bom Bali, dan penanganan permasalahan TKI di Malaysia," kata dia.

Peran ini, kata dia, juga diakui oleh para menteri Kabinet Gotong Royong yang berada di bawahnya.

"Ibu Megawati menjadi presiden pertama perempuan di negara kita. Di era Ibu Megawati pertama kalinya diselenggarakan Pemilihan Umum Legislatif dan Presidensial secara langsung," lanjut dia.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (ist)

Jumat nanti, sebelum menerima gelar, Megawati terlebih dulu bakal memberikan orasi ilmiah. Megawati akan menyampaikan orasi ilmiah berjudul "Kepemimpinan Strategis Pada Masa Kritis".

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas