Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bursa Capres

Jadi King Maker, Airlangga Kantongi 3/4 Tiket ke Pilpres, Bagaimana Peluang Prabowo, Anies dan AHY?

Dengan perolehan 85 kursi atau 12.31 persen jumlah suara, maka Golkar hanya membutuhkan 30 kursi atau cukup bekerjasama dengan satu partai politik.

Jadi King Maker, Airlangga Kantongi 3/4 Tiket ke Pilpres, Bagaimana Peluang Prabowo, Anies dan AHY?
Istimewa
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA baru saja merilis hasil survei nasional tentang calon Presiden 2024 dengan kesimpulan belum ada calon presiden kelas premium dengan elektabilitas 25 persen ke atas.

Menurut Ketua Fraksi Golkar di MPR RI Idris Laena, temuan ini menarik, karena Airlangga Hartarto disebut sebagai king maker Pilpres 2024 karena mengantongi 3/4 tiket menjadi capres.

Menurutnya, setidaknya ada tiga catatan penting yang perlu disimak.

Pertama, Airlangga Hartarto sebagai salah satu dari tiga king and queen maker Pilpres 2024. Karena sebagai ketua umum partai terbesar kedua perolehan kursinya di parlemen, maka Airlangga Hartarto sudah mengantongi 3/4 tiket untuk menjadi Capres atau Cawapres.

Dengan perolehan 85 kursi atau 12.31 persen jumlah suara, maka Golkar hanya membutuhkan 30 kursi atau cukup bekerjasama dengan satu partai politik.

Kedua, hasil survei menunjukkan elektabilitas Airlangga Hartarto dari hari kehari semakin meningkat signifikan. Idris Laena menjelaskan, pada rilis hasil survei LSI Denny JA, elektabilitas Airlangga Hartarto masuk dalam lima besar dengan urutan ke-5 atau 5.3 persen.

MPR Fraksi Partai Golkar asal Riau, Idris Laena, ketika hadir dan membuka Pagelaran Seni Budaya Melayu Kuantan Singingi (Kuansing) di Desa Pintu Gobang, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau, Selasa malam (6/11/2018).
Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR RI, Idris Laena.

Namun beberapa lembaga survei yang menempatkan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden potensial.

Ketiga, LSI Denny JA, menganggap Airlangga sebagai calon yang paling lengkap, disamping sebagai king maker 2024, juga potensial untuk jadi calon presiden ataupun calon wakil presiden.

Baca juga: LSI Denny JA: Berpotensi Jadi Capres/Cawapres, Airlangga King Maker Paling Komplet pada Pilpres 2024

Idris menegaskan, Airlangga Hartarto tetap fokus menjalankan tugas sebagai Menko Bidang Perekonomian sekalipun hasil survei menyatakan tingkat elektabilitasnya sudah meningkat tajam.

Baca juga: Survei LSI Denny JA Ungkap 3 King/Queen Maker di 2024: Megawati, Prabowo, Airlangga 

"Airlangga Hartarto tetap fokus melaksanakan amanah untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia, serta memulihkan ekonomi nasional baik pada masa maupun pasca pandemi Covid-19," ujarnya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas