Tribun

Baznas Luncurkan Kurban Online untuk Mudahkan Masyarakat Berkurban

BAZNAS menyelenggarakan program 'Kurban Online BAZNAS' pada Hari Raya Idul Adha tahun ini untuk memudahkan masyarakat menunaikan kurban.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Baznas Luncurkan Kurban Online untuk Mudahkan Masyarakat Berkurban
Warta Kota/Nur Ichsan
Menjelang Hari Raya Idul Adha, pedagang hewan kurban mulai bermunculan di Kota Tangerang, seperti terlihat di Jalan KH Hasyim Ashari, Sabtu (5/6/2021). Meski masih dalam suasana pandemi, Iskandar salah satu pedagang ini mengaku optimis seluruh dagangannya jenis Sapi Bima bisa ludes terjual karena sudah mempunyai pelanggan tetap. (Wartakota/Nur Ichsan) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali mengadakan 'Kurban Online BAZNAS' pada Hari Raya Idul Adha tahun ini guna memberi kemudahan masyarakat dalam menunaikan kurbannya. 

Masyarakat dapat menunaikan ibadah kurban dengan mudah dan nyaman tanpa harus keluar rumah. 

Hanya dengan menggunakan telepon genggam atau perangkat komputer, masyarakat sudah bisa berkurban dan menjalankan protokol kesehatan. 

Kurban Online BAZNAS sebelumnya telah dikembangkan BAZNAS sejak tahun 2016, yang pada awalnya diberi nama Kurban Digital BAZNAS. 

"Pada Kurban Online BAZNAS, hewan kurban dibeli langsung dari peternak binaan BAZNAS di desa, disembelih, dan didistribusikan di desa agar peternak semakin berdaya secara ekonomi dan mustahik dapat memenuhi kebutuhan gizi melalui daging kurban yang didistribusikan," kata Ketua BAZNAS RI KH Noor Achmad dalam siaran YouTube BAZNAS TV, Jumat (25/6/2021).

Baca juga: Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Kurban 2021/1442 H dari Kemenag

Noor menyebut hal itu akan membuat proses pendistribusian sampai ke daerah-daerah yang membutuhkan. 

Penyaluran Kurban Online BAZNAS ini juga menjangkau pelosok Indonesia dan keluar negeri yakni Palestina. 

Baca juga: Berdikari dan Lazisnu Kerja Sama Distribusi Hewan Kurban dan Ziswaf

Dengan inovasi produk kurban yang diolah menjadi makanan kalengan, rentang waktu distribusi juga lebih lama. 

Tahun ini juga, BAZNAS memulai pengembangan baru dalam program Kurban Online BAZNAS yang diwujudkan dengan daging kurban olahan kemasan kornet dan rendang.

Baca juga: Jelang Idul Adha 2021, Yuk Ketahui Cara Memilih Hewan Kurban yang Tepat, Pastikan Cukup Umur ya!

"Kurban kaleng ini memudahkan mudhohi dalam proses pendistribusian daging kurban, karena tahan lama dan dapat memberikan manfaat lebih luas," ujar Noor.

Noor memastikan pengalengan daging kurban tidak menyalahi aturan karena penyembelihannya tetap pada hari kurban hingga akhir hari tasyrik. sehingga tidak menyalahi aturan.

Pemerataan dan tepat sasaran pendistribusian daging kurban menjadi salah satu faktor semangat BAZNAS dalam menyelenggarakan Kurban Online. 

Di samping itu, pandemi Covid-19 yang melanda sejak 2020 lalu turut andil dalam efektivitas program ini, yang seperti kita ketahui bersama, pandemi berdampak pada pembatasan aktivitas masyarakat, termasuk kegiatan keagamaan. 

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas