Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wamenag Minta Tokoh Agama Jadi Garda Terdepan Sosialisasikan PPKM Darurat

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi menilai kebijakan ini diambil sebagai ikhtiar menjaga keselamatan jiwa.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Wamenag Minta Tokoh Agama Jadi Garda Terdepan Sosialisasikan PPKM Darurat
Tribunnews.com, Chaerul Umam
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tahuid Sa'adi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 121 Kabupaten/Kota di Pulau Jawa dan Bali, 3 - 20 Juli 2021.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi menilai kebijakan ini diambil sebagai ikhtiar menjaga keselamatan jiwa.

"PPKM Darurat, karena kondisi pandemi Covid 19 yang meningkat, semata untuk menjaga keselamatan jiwa, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Dalam kondisi semacam ini, umat diajak untuk sementara beribadah di rumahnya masing-masing," ujar Zainut melalui keterangan tertulis, Kamis (8/7/2021).

Menurut Zainut, menjaga keselamatan jiwa merupakan salah satu kewajiban agama yang paling utama.

Baca juga: Mendagri Revisi Aturan WFO PPKM Darurat Sektor Kritikal, Esensial dan Konstruksi, Ini Ketentuannya

Menjaga jiwa juga erat kaitannya untuk menjamin atas hak hidup manusia seluruhnya, tanpa terkecuali.

Al-Quran mengajarkan, barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.

"Saya kira rukhshah menjadi pijakan dari ijtihad para ulama dalam menetapkan fatwa baru, fiqih pandemi, sebagai panduan umat Islam dalam melaksanakan ibadah di tengah pendemi ini, baik untuk tenaga medis, para penderita, ataupun umat Islam pada umumnya," tutur Zainut.

BERITA TERKAIT

Zainut mendukung MUI yang melalukan kajian fiqih dan telah menerbitkan beberapa fatwa, yakni Fatwa MUI No. 14 thn 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah di Saat Pandemik COVID-19.

Serta Fatwa Nomor 17 thn 2020 tentang Pedoman Kaifiat Shalat Bagi Tenaga Kesehatan Yang Menggunakan APD Saat Merawat dan Menangani Pasien COVID-19; dan yang terbaru Nomor: 28 thn 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir Dan Shalat Idul Fitri/Adha Saat Pandemi Covid-19.

Sedangkan pada konteks kebijakan pemerintah, Yaqut melihat Surat Edaran Menteri Agama juga lahir dengan semangat Fiqih Pandemi dan berdasarkan Fatwa-fatwa MUI yang terkait tersebut.

"Saya mengimbau kepada para ulama, kyai dan tokoh agama untuk ikut menyosialisasikan fiqih pandemi agar masyarakat dapat menjadikan pedoman dalam melaksanakan ibadan di masa pandemi," ujar Yaqut.

Dirinya berharap para tokoh agama dapat membantu sosialisasi penerapan PPKM Darurat terhadap umat beragama.

"Saya berharap para tokoh agama berada pada garda terdepan dalam menumbuhkan kesadaran umat untuk secara disiplin mematuhi protokol kesehatan sebagai ikhtiar bersama dalam memutus rantai penyebaran Covid-19," pungkas Zainut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas