Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pentingnya Bimbingan Orang Tua untuk Menjaga Keamanan Anak Beraktivitas di Ruang Digital

Kebangkitan Nasional Digital ini harus menjadi momentum untuk memperbaiki berbagai macam kondisi yang terpuruk di dunia digital.

Pentingnya Bimbingan Orang Tua untuk Menjaga Keamanan Anak Beraktivitas di Ruang Digital
Istimewa
Kemkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan kegiatan Webinar Digital Society dengan tema 'Keamanan Anak di Dunia Digital selama Belajar Dari Rumah'. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo disertai Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menggaungkan Kebangkitan Nasional Digital di hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei lalu.

Sekaligus mencanangkan 4 pilar literasi digital yang mendasari seluruh gerakan nasional literasi digital di Indonesia, yaitu: Digital Skills, Digital Ethics, Digital Safety dan Digital Culture.

Kebangkitan Nasional Digital ini harus menjadi momentum untuk memperbaiki berbagai macam kondisi yang terpuruk di dunia digital, khususnya untuk keselamatan dan keamanan anak bermain di internet dan sosial media.

Berdasarkan hal tersebut, Kemkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan kegiatan Webinar Digital Society dengan tema 'Keamanan Anak di Dunia Digital selama Belajar Dari Rumah'.

Adapun webinar ini digelar untuk membahas mengenai bagaimana langkah konkrit yang dapat dilakukan bersama untuk menjaga keamanan anak di dunia digital.

Sebelum berdialog dengan para narasumber, webinar dibuka dengan Keynote Speech dari Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Pangerapan dan Dirjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kemdikbudristek Jumeri.

Baca juga: MenkopUKM: Transformasi Digital, Solusi Bagi UMKM yang Terdampak PPKM

"Kemampuan literasi digital merupakan kemampuan yang paling krusial dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini, untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang tidak hanya mengenal teknologi, namun juga cermat dalam menggunakannya,” ujar Semuel, dalam keynote speech-nya yang menjadi pembuka sesi webinar, Sabtu (24/7/2021).

Sementara itu, Jumeri dalam sambutannya menyampaikan bahwa di masa belajar dari rumah ini, peran orang tua sangat penting dalam pengawasan dan pendampingan.

Terutama untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan kepedulian kepada anak dalam menggunakan gawai dan akses internet.

Halaman
123
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas