Tribun

Virus Corona

Penyandang Disabilitas Perlu Dapat Prioritas Vaksinasi Covid-19

Selain bantuan sosial, Pemerintah juga mengupayakan akselerasi program vaksinasi bagi para penyandang disabilitas.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
zoom-in Penyandang Disabilitas Perlu Dapat Prioritas Vaksinasi Covid-19
ist
webinar Forum Literasi Hukum dan HAM Digital (Firtual) bertema Pemenuhan Hak dan Perlindungan Penyandang Disabilitas Saat Pandemi, lewat virtual, Jumat (13/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama pandemi ini, kelompok para penyandang disabilitas merupakan kelompok rentan terpapar dan terdampak Covid-19.

Selain bantuan sosial, Pemerintah juga mengupayakan akselerasi program vaksinasi bagi para penyandang disabilitas.

Juli 2021 lalu pemerintah telah mempercepat pendistribusian program bantuan sosial di masa PPKM, salah satunya adalah Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (Bansos PKH). Pemerintah melalui Kementerian Sosial telah menyediakan tempat pelaksanaan vaksinasi serta layanan pendampingan penyandang disabilitas ke pusat vaksinasi mulai dari penjemputan hingga pemulangan.

Baca juga: Percepat Kekebalan Kelompok, Tiga Perusahaan Kolaborasi Vaksinasi 5 Ribu Orang

Direktur Informasi dan Komunikasi Politik Hukum dan Keamanan Kementerian Kominfo Bambang Gunawan menyampaikan, Pemerintah Indonesia telah mulai penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas sejak Juni 2021.

Vaksinasi dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan 98 komunitas disabilitas dan diprioritaskan ke pulau Jawa, Bali yang merupakan zona merah Covid-19.

Baca juga: Kabar Duka, Seorang Perwira dari Polsek Bubutan Gugur Saat Kawal Vaksinasi Covid-19

“Upaya-upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 tidak akan berhasil apabila tidak disertai dukungan masyarakat dalam mensosialisasikan 3M, 3T dan vaksinasi sebagai upaya memutus rangkaian penyebaran Covid-19,” ungkap Bambang saat berbicara pada webinar Forum Literasi Hukum dan HAM Digital (Firtual) bertema Pemenuhan Hak dan Perlindungan Penyandang Disabilitas Saat Pandemi, lewat virtual, Jumat (13/8/2021).

Staf Khusus Presiden, Angkie Yudistia mengatakan, Presiden Joko Widodo sudah memberikan arahannya terkait percepatan vaksinasi Covid-19 dan penyaluran bantuan sosial.

Para penyandang disabilitas dan kelompok rentan harus diprioritaskan akan haknya. Vaksinasi juga harus dilakukan segera mungkin agar terbangun kekebalan komunalnya, herd immunity-nya.

Baca juga: 546 Perusahaan Pekerjakan Penyandang Disabilitas, Tingkatkan Reputasi dan Prestasi

Peran Pemerintah Daerah adalah sebagai kunci distribusi dan percepatan pelaksanaan vaksinasi, masyarakat rentan harus dilindungi dan diakomodir.

“Kami dan pemerintah pusat selalu berkolaborasi dan berkoordinasi, dan untuk eksekusinya kami percayakan pada Pemerintah Daerah sesuai dengan kebutuhan daerahnya masing-masing,” ujar Angkie.

Angkie juga memaparkan, data alokasi vaksin mencapai sekitar 450.000 ribu dosis dimana target sasaran penyandang disabilitas adalah setiap satu penyandang disabilitas mendapatkan dua dosis.

Sasaran data para penyandang disabilitas dari Kementerian Kesehatan telah diberikan langsung pada Pemerintah Daerah yang menyesuaikan data dari Kementerian Sosial.

Di kesempatan sama, Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Kementerian Sosial Eva Rahmi Kasim mengatakan, penyandang disabilitas harus diberikan prioritas untuk mendapatkan vaksin selain lansia.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas