Tribun

Jokowi: Di Kampus Dididik Kebangsaan Tapi di Luar Kampus Ada yang Didik Jadi Radikalis, Untuk Apa?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa tugas universitas adalah mencetak mahasiswa yang unggul dan utuh.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
Jokowi: Di Kampus Dididik Kebangsaan Tapi di Luar Kampus Ada yang Didik Jadi Radikalis, Untuk Apa?
Tribunnews/HO/BPMI Setpres/Rusman
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengadakan kegiatan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah, Senin (13/9/2021). Presiden Jokowi meninjau langsung program vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat secara pintu ke pintu (door to door) yang dilaksanakan kepada 500 warga di Dukuh Ngledok, Desa Segaran, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten. Selain di Kabupaten Klaten, Presiden Jokowi juga meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar di Dukuh Brontowiryan, Desa Ngabeyan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Tribunnews/HO/BPMI Setpres/Rusman 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa tugas universitas adalah mencetak mahasiswa yang unggul dan utuh.

Artinya mencetak mahasiswa yang sehat jasmani, rohani, budi pekerti yang baik, dan memiliki sisi kebangsaan yang baik.

"Karena kalau tidak kebawa kemana-mana anak-anak kita nantinya," kata Jokowi dalam Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia yang diunggah Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (14/9/2021).

Untuk membentuk mahasiswa yang unggul dan utuh, kata Presiden, maka tugas rektor dan jajarannya bukan hanya mendidik di dalam kampus melainkan di luar kampus.

Baca juga: DPR Akan Minta Penjelasan Kapolri Soal Warga Ditangkap karena Bentangkan Poster ke Jokowi

Jangan sampai, kata Jokowi, di dalam kampus mahasiswa mendapat pendidikan budi pekerti tapi di luar kampus malah mengkonsumsi Narkoba.

"Di dalam kampus dididik mengenai pancasila dan kebangsaan, di luar kampus ada yang didik mahasiswa kita jadi ekstrimis garis keras, jadi radikalis garis keras. Untuk apa?" kata Jokowi.

Presiden meminta rektor dan jajarannya memperhatikan betul pendidikan di luar kampus tersebut.

Sehingga mahasiwa dihasilkan unggul dan utuh.

"Tugas rektor dan seluruh jajarannya bukan hanya mendidik mahasiswa di kampus saja, apalagi hanya di kelas. Hati-hati, mengenai ini juga menjadi tugas para rektor dan jajarannya yang berkaitan dengan yang di luar kampus. Artinya di luar kampus pun menjadi tugas rektor dan seluruh jajarannya," pungkasnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas