Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kebakaran di Lapas Tangerang

Pulihkan Psikis Pascakebakaran, Puluhan Napi Lapas Tangerang Jalani Trauma Healing

Melalui layanan trauama healing diharapkan kondisi kejiwaan para narapidana yang terganggu akibat kebakaran pekan lalu bisa berangsur pulih.

Pulihkan Psikis Pascakebakaran, Puluhan Napi Lapas Tangerang Jalani Trauma Healing
Dok. Dinkes Kota Tangerang
Narapidana yang selamat dalam kebakaran Lapas Kelas I Tangerang menjalani pemulihan psikis melalaui layanan Trauma Healing yang digelar Dinkes Kota Tangerang 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Puluhan warga binaan yang selamat dari peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang mengalami trauma psikis.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihak lapas membuka layanan konsultasi dan trauma healing yang digelar Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Melalui layanan ini diharapkan kondisi kejiwaan para narapidana yang terganggu akibat kebakaran yang terjadi pekan lalu bisa berangsur pulih.

"Layanan trauma healing yang kita selenggarakan ini prosesnya tidak mendadak, jadi ada tahapannya dari awal kebakaran itu. Kita buat kuisioner dan semacamnya, dari situ kita bisa melihat mana warga binaan yang trauma akibat kebakaran itu dan mana yang tidak," ungkap Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Kota Tangerang, Amir Ali dalam keterangannya, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Kondisi Membaik, Satu Pasien Korban Kebakaran Dikembalikan ke Lapas Tangerang

Melalui isian kuesioner itu, napi yang masuk ketegori mengalami trauma psikis akan menjalani konsultasi dengan psikiater.

Psikiater yang mendampingi napi berasal dari RSUD Kabupaten Tangerang.

"Nantinya dari hasil quisioner itu mereka yang mengaku trauma akan kebakaran tersebut akan dipertemukan dengan dua orang psikiater yang kita libatkan dari RSUD Kota Tangerang. Peserta yang kita libatkan bukan hanya warga binaan yang ada di Blok C2 saja tapi warga binaan di blok sebelahnya seperti blok C1 dan C3 yang memang melihat jelas kebakaran yang terjadi di Blok C2 minggu lalu," tambah Amir.

Baca juga: Pascakebakaran, Kondisi Psikis Puluhan Napi Lapas Tangerang Alami Trauma dan Mimpi Buruk

Kepala Bidang P2P, Dinkes Kota Tangerang, dr. Indri Bevy menjelaskan program trauma healing yang dilaksanakan oleh Dinkes dibantu RSUD Kota Tangerang ini sebagai upaya membantu pemulihan psikis narapidana.

"Program yang digelar sejak hari Selasa (14/9/2021) hingga Jumat (17/9/2021) ini sebagai bentuk pendekatan, penenangan dan pendalaman terkait sejauh apa gangguan psikis atau mental yang diderita korban selamat Blok C," kata Bevy.

Seperti diketahui, kebakaran Lapas Kelas I Tangerang pada Rabu lalu menewaskan 41 narapidana penghuni Blok C2.

Sementara 8 lainnya meninggal usai menjalani perawatan intensif di RSUD Kabupaten Tangerang sehingga total korban jiwa saat ini 49 orang. 

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas