Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Beberkan Gajinya Sebagai Anggota DPR, Sikap Berani Krisdayanti Perlu Diapresiasi

(Formappi) mengapresiasi sikap anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan, Krisdayanti yang berani membeberkan gaji dan tunjangan sebagai legislator Senayan

Beberkan Gajinya Sebagai Anggota DPR, Sikap Berani Krisdayanti Perlu Diapresiasi
Instagram @krisdayantilemos
Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Krisdayanti. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mengapresiasi sikap anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan, Krisdayanti yang berani membeberkan gaji dan tunjangan sebagai legislator Senayan.

Pasalnya peneliti Formappi, Lucius Karus menyebut selama ini belum ada anggota DPR yang secara gamblang menyebut angka penghasilan tersebut.

"Niat dan keberanian Krisdayanti untuk mengungkap gaji dan pendapatannya ke publik saya kira sesuatu yang perlu diapresiasi. Kenapa, karena sudah cukup lama kita menunggu anggota DPR dengan mudah bisa memberi tahu ke publik berapa pendapatan dan tunjangan yang dia peroleh," terang Lucius dalam diskusi daring Polemik Trijaya, Sabtu (18/9/2021).

Lucius pun menyebut besaran gaji dan tunjangan yang dibeberkan Krisdayanti, membuat masyarakat terkaget - kaget. Pasalnya tunjangan sebesar itu tidak mencerminkan kinerja DPR.

Misalnya kata Lucius, anggaran sebesar Rp450 juta untuk dana aspirasi yang diterima 5 kali setahun, serta dana reses Rp140 juta.

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus.
Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus. (Tribunnews.com/ Chaerul Umam)

Dana tersebut diperuntukan untuk menyerap aspirasi dari daerah untuk pembuatan kebijakan.

Namun menurutnya kebijakan DPR yang dibuat berdasarkan aspirasi masyarakat hanya hitungan jari.

Baca juga: Beberkan Gajinya sebagai Anggota DPR, Krisdayanti Dipanggil Fraksi PDIP, Diberi Pengarahan

"Misalnya bicara anggaran Rp400an juta untuk urusan penyerapan aspirasi dari daerah pemilihannya, tapi seberapa kebijakan di DPR itu lahir dari aspirasi anggota, saya kira hitungan jari tidak akan cukup menghitung aksi yang teraktualisasikan," ucapnya.

"Sehingga kita pikir wajar kalau kita terkejut karena angka segitu besar tidak pernah terwujud hasil kerja yang maksimal," tegas dia.

Diketahui, dalam kanal Youtube Akbar Faizal Uncensored, Krisdayanti mengaku menerima gaji setiap tanggal 1 sebesar Rp 16 juta.

Empat hari berselang, masuk lagi ke rekeningnya tunjangan sebesar Rp 59 juta.

KD mengatakan ada juga dana aspirasi Rp 450 juta yang diterima Krisdayanti. Dana aspirasi ini didapat lima kali dalam setahun serta dana reses sebesar Rp 140 juta.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas