Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Geledah 3 Lokasi, KPK Cocokan Dokumen dan Bukti Kasus Suap Bupati Probolinggo yang Libatkan 22 ASN

KPK tengah melakukan pencocokan dokumen kasus suap Bupati nonaktif Probolinggo, Puput Tantriana Sari (PTS), dengan bukti-bukti yang ada

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Geledah 3 Lokasi, KPK Cocokan Dokumen dan Bukti Kasus Suap Bupati Probolinggo yang Libatkan 22 ASN
Tribunnews/Irwan Rismawan
Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari bersama suaminya yang juga anggota DPR RI, Hasan Aminuddin mengenakan rompi tahanan saat konferensi pers operasi tangkap tangan (OTT) di gedung KPK, Jakarta, Selasa (31/8/2021) dini hari. KPK resmi menahan Puput Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin bersama 3 tersangka lainnya dengan barang bukti uang Rp 362.500.000 terkait dugaan seleksi jabatan di lingkungan Pemkab Probolinggo tahun 2021. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM - Pelaksana tugas juru bicara KPK, Ali Fikri mengabarkan saat ini tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah melakukan pencocokan dokumen kasus suap Bupati nonaktif Probolinggo, Puput Tantriana Sari (PTS), dengan bukti-bukti yang ada.

Dokumen tersebut, kata Ali, didapat dari hasil penggeledahan di tiga lokasi yang rampung pada, Sabtu (25/9/2021), kemarin.

Adapun tiga lokasi dimaksud yakni Kantor Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Probolinggo, dan dua rumah pihak terkait perkara.

"(Dokumen) akan di cocokkan (tim penyidik untuk mencari) keterkaitan bukti-bukti dimaksud dengan perkara ini dan kemudian dilakukan penyitaan untuk melengkapi berkas perkara pada tersangka."

 "Dari tiga lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan bukti di antaranya berbagai dokumen yang terkait dengan perkara," kata Ali, Senin (27/9/2021), dikutip Tribunnews.com.

Baca juga: Geledah 3 Lokasi di Probolinggo, KPK Angkut Barang Bukti Dokumen

Baca juga: KPK Perpanjang Masa Penahanan Bupati Probolinggo Puput Tantriana dan Suaminya Hasan Aminuddin

Demi Lengkapi Bukti, KPK Perpanjang Masa Penahanan 

Ali mengabarkan, penahanan terhadap 22 tersangka kasus dugaan suap yang dilakukan oleh Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, dikabarkan akan diperpanjang selama 40 hari.

BERITA REKOMENDASI

Perpanjangan masa penahanan ini dilakukan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena pihaknya masih membutuhkan beberapa barang bukti lainnya untuk melengkapi perkara ini.

 "Perpanjangan penahanan ini diperlukan oleh tim penyidik untuk terus melengkapi dan mengumpulkan berbagai alat bukti, di antaranya pemanggilan berbagai pihak terkait sebagai saksi dalam berkas perkara para tersangka," kata Ali kepada Tribunnews.com, Senin (20/9/2021).

Sebagai informasi beban masa penahanan Puput Tantriana Sari (PTS) dan suaminya, Hasan Aminudin, diperpanjang mulai 20 September 2021 hingga 29 Oktober 2021.

Puput ditahan di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih, sedangkan Hasan di Rutan KPK pada Kavling C1.

Selain kedua orang tersebut, masa penahanan tiga orang lainnya juga diperpanjang dengan waktu yang sama.

Baca juga: Kasus Jual Beli Jabatan Bupati Probolinggo, KPK Beberkan Peran Suami Sebagai Pengambil Keputusan

Mereka adalah Doddy Kurniawan (DK) di Rutan Polres Jakarta Pusat, Muhammad Ridwan (MR) di Rutan Polres Jakarta Selatan, serta Sumarto (SO) di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Sementara itu, masa penahanan tersangka lainnya akan diperpanjang mulai 24 September 2021 hingga 2 November 2021.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas