Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Penjelasan Polisi Belum juga Tetapkan Kalapas Kelas I Tangerang jadi Tersangka Kasus Kebakaran

Sudah ada 6 tersangka dalam insiden kebakaran ini yang ditetapkan oleh jajaran penyidik, kekinian tersangka berinisial JMN, PBB dan RS.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Ini Penjelasan Polisi Belum juga Tetapkan Kalapas Kelas I Tangerang jadi Tersangka Kasus Kebakaran
Tribunnews.com/Fandi Permana
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat saat memberikan keterangan soal penetapan tersangka baru kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (29/9/2021) 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jajaran penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya kembali menetapkan tiga tersangka dalam kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang yang menewaskan total 49 narapidana.

Dengan begitu, hingga kini total sudah ada 6 tersangka dalam insiden kebakaran ini yang ditetapkan oleh jajaran penyidik, kekinian tersangka berinisial JMN, PBB dan RS.




Keseluruhan tersangka itu disangkakan atas dugaan terjadinya kesengajaan dan kelalaian yang mengakibatkan orang meninggal dunia sebagaimana diatur dalam pasal 359 KUHP dan 188 KUHP.

Kendati begitu, hingga kini Polisi hingga kini belum menemukan bukti yang cukup untuk menetapkan Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Tangerang Victor Teguh Prihartono yang bertanggungjawab atas insiden ini sebagai tersangka.

Direktur Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan, dalam penetapan tersangka tidak dapat dilakukan dengan proses yang mudah.

Baca juga: Penyidik Tetapkan 3 Tersangka Kasus Kebakaran Lapas Tangerang, Bagaimana Status Kalapas?

"Menetapkan tersangka itu harus sesuai alat buktinya dan harus sesuai dengan kapasitasnya," kata Tubagus kepada awak media di Polda Metro Jaya, Rabu (29/9/2021).

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, Tubagus juga mengatakan, belum ditetapkannya Victor sebagai tersangka juga kata dia belum ditemukannya bukti yang menyangkut terkait dengan tanggung jawab dari Kalapas tersebut atas insiden yang menewaskan 49 korban ini.

Bahkan, pihaknya kata Tubagus tidak ingin gegabah dalam menetapkan seseorang sebagai tersangka sebab permasalahannya adalah hukum.

"Kita mendasari kepada sangat hati-hati untuk menetapkan seseorang sebagai tersangka sebelum dibuktikan dengan wujud pertanggungjawaban dalam sebuah organisasinya dan perbuatannya," tuturnya.

Dirinya lantas berdalih bahwa hinga kini pihak penyidik sudah dua kali melakukan gelar perkara dalam insiden kebakaran.

Hasilnya kata dia, terungkap 6 terdangja dalam persangkaan kedua pasal di atas.

"Timbul pertanyaan mungkinkah jadi tersangka? Sampai saat ini kita sudah menggelar 2 kali gelar perkara, pertama 359 sudah dan 188 sudah," tukasnya.

Baca juga: Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Baru Dalam Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang

Sebelumnya diberitakan, setelah menetapkan tiga tersangka baru dalam kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, penyidik Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap tiga tersangka baru itu pada Jumat (1/10/2021).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas