Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pimpinan MPR: Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Ancaman Gelombang Ketiga Penyebaran Covid-19

Peningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dalam menghadapi ancaman gelombang ketiga penyebaran Covid-19 di tanah air harus terus dilakukan.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pimpinan MPR: Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Ancaman Gelombang Ketiga Penyebaran Covid-19
Ist
Diskusi secara daring bertema "Meramu Keseimbangan antara (Kewaspadaan Gelombang ke-3) Covid-19 dan Kenormalan Baru" yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 pada Rabu (29/9/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Peningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dalam menghadapi ancaman gelombang ketiga penyebaran Covid-19 di tanah air harus terus dilakukan.

Perlu penegakan aturan pengendalian Covid-19 yang konsisten.

"Pulih tidak berarti tanpa strategi pemulihan dan antisipasi. Disiplin ketat pada protokol kesehatan adalah keharusan, jadikan sebagai norma baru dan langkah pertama antisipasi," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, saat membuka diskusi secara daring bertema "Meramu Keseimbangan antara (Kewaspadaan Gelombang ke-3) Covid-19 dan Kenormalan Baru" yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 pada Rabu (29/9/2021).

Diskusi dimoderatori Anggiasari Puji Aryatie (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI).

Hadir sebagai pembicara Suryopratomo (Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Singapura), Rifqoh Ihdayati, MAP, Psikolog (Satgas Penanggulangan Covid-19, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia) dan Dr. Windhu Purnomo (Biostatistik dan Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga).

Baca juga: Karena Pandemi, Satu Generasi Kehilangan Kesempatan Belajar 1,2 Tahun

Selain itu hadir, Rizky Ika Syafitri (Communication for Development Specialist, UNICEF Indonesia) dan Abdul Kohar (Direktur Utama Lampung Pos, Anggota Dewan Redaksi Media Group) sebagai penanggap.

Menurut Lestari, di beberapa tempat di tanah air masyarakat mulai terlihat lengah menjalankan kewajiban protokol kesehatan dan ada kecenderungan berbagai pelanggaran yang terlihat sepele, tetapi bisa berakibat fatal.

BERITA REKOMENDASI

Rerie, sapaan akrab Lestari, berharap para pemangku kepentingan lebih tegas dalam penegakan aturan pada pengendalian Covid-19.

"Kita harus belajar dari apa yang terjadi di Singapura saat ini," ujar Rerie.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem mengungkapkan kita pernah menghadapi lonjakan kasus positif Covid-19 pada pertengahan Juli 2021, meski sebelumnya para pakar telah mengingatkan kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat agar secara serius merumuskan langkah antisipasi.

"Bersyukur kita mampu melalui situasi kritis tersebut," ujarnya.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Singapura, Suryopratomo mengungkapkan lonjakan kasus positif Covid-19 terjadi karena diawal penyebaran Covid-19 varian delta, Singapura masih membuka pintu bagi warga negara dari negara dengan sebaran varian Delta yang tinggi karena Singapura membutuhkan tenaga kerja di bidang konstruksi dari negara tersebut.

Selain itu, jelas Suryopratomo, banyak terjadi pelanggaran oleh masyarakat yang mengakali sistem pemantauan pergerakan masyarakat saat pemberlakuan pembatasan kegiatan.

Tempat-tempat hiburan pun, ujarnya, ramai dikunjungi orang tanpa penerapan protokol kesehatan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas