Tribun

Ketua DPD RI: Kerajaan Nusantara Salah Satu Pemilik Saham Utama Negeri Indonesia

La Nyalla Mahmud Mattalitti menyebut bahwa Kerajaan Nusantara adalah satu di antara pemilik saham utama bangsa Indonesia.

Penulis: chaerul umam
Editor: Hasanudin Aco
Ketua DPD RI: Kerajaan Nusantara Salah Satu Pemilik Saham Utama Negeri Indonesia
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menyebut bahwa Kerajaan Nusantara adalah satu di antara pemilik saham utama bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan La Nyalla dalam sambutan Peringatan HUT ke-17 DPD RI di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Awalnya, La Nyalla menyampaikan terima kasih karena para Raja dan Sultan turut hadir dalam perayaan HUT ke-17 DPR RI hari ini.

"Salah satu entitas yang berjasa dalam lahirnya Bangsa dan Negara ini adalah Kerajaan Nusantara. Sumbangsih Kerajaan Nusantara terhadap lahirnya Indonesia tidak bisa dihapus dalam sejarah," kata La Nyalla.

Baca juga: Sinergitas Daerah Dengan DPD RI Penting Untuk Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI

La Nyalla menjelaskan peran Kerajaan Nusantara yang melahirkan banyak tradisi, mulai dari tradisi pemerintahan, pendidikan, pengobatan hingga kemiliteran.

Puncaknya, lanjut La Nyalla, adalah dukungan moril dan materiil dari Raja dan Sultan Nusantara kepada lahirnya Republik ini.

Dukungan moril diberikan dengan sikap Legowo yang luar biasa dari para Raja dan Sultan dengan mengakui kedaulatan Indonesia sebagai sebuah negara.

Sedangkan dukungan materiil diberikan berupa bantuan uang, emas, tanah kerajaan dan bangunan untuk dipergunakan bagi kepentingan pendirian negara ini di awal kemerdekaan.

Bahkan hingga saat ini, sejumlah tanah dan aset Kerajaan Nusantara masih dipergunakan untuk kepentingan pemerintah.

"Maka, sangat tidak berlebihan, bila saya, dan seharusnya kita semua, menyebut bahwa Kerajaan Nusantara adalah salah satu pemilik saham utama negeri ini," ujar La Nyalla.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas