Tribun

PON Papua

Seluruh Venue PON XX Papua Selesai, Jokowi: Siap Dimanfaatkan untuk Arena Perlombaan

Seluruh arena perlombaan PON XX Papua telah selesai dikerjakan, Jokowi:siap dimanfaatkan sebagi tempat kegiatan olahraga bertaraf internasional

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Citra Agusta Putri Anastasia
Seluruh Venue PON XX Papua Selesai, Jokowi: Siap Dimanfaatkan untuk Arena Perlombaan
Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden
Jokowi meresmikan venue PON XX Papua, Sabtu (2/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengabarkan bahwa seluruh arena perlombaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua telah selesai dikerjakan.

Dengan selesainya masa pengerjaan, maka arena ini siap dimanfaatkan sebagi tempat terselenggaranya kegiatan olahraga bertaraf internasional yang baru pertama kalinya dilaksanakan di wilayah Papua.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi dalam acara peresmian venue PON XX Papua yang disiarkan secara virtual di YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

"Kita paut bersyukur, Alhamdulillah seluruh venue PON Papua telah selesai, dan siap dimanfaatkan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan PON yang baru pertama kali akan dilaksanakan di tanah Papua," terang Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Tinjau Sejumlah Arena hingga Buka PON XX Papua

Baca juga: Polri Pastikan Situasi Papua Kondusif Jelang Pembukaan PON XX Hari Ini

Venue-venue tersebut di antaranya mulai dari Istora Papua Bangkit, Arena Aquatic, Arena Kriket, Arena Hoki, Arena Dayung, Arena Panahan, sampai arena Sepatu Roda.

Untuk itu, Jokowi berharap masyarakat dapat memanfaatkan venue ini dengan baik untuk mencari bibit-bibit unggul di bidang olahraga.

Jokowi Meresmikan PON XX Papua
Jokowi Meresmikan PON XX Papua, Arena Sudah Rampung Semua (Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden) Sabtu (2/10/2021)

"Manfaatkan venue ini sebagai tempat penjaringan bibit unggul olahraga, pembinaan para atlet Papua untuk semakin berprestasi baik ditingkat nasional maupun ditingkat dunia," tambah Jokowi.

Baca juga: Deg-degan Jalani Debut di PON XX Papua, Tiga Atlet Muda Ini Persiapkan Diri Konsumsi Nutrisi

Venue yang bertaraf internasional ini, kata Jokowi, menghadirkan berbagai inovasi, termasuk kecanggihan kontruksinya yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Untuk itu, atas selesainya pengerjaan venue ini, Jokowi berharap segala fasilitas yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan baik, baik selama PON XX berlangsung maupun setelah acara selesai.

Jokowi tidak ingin jika nantinya venue dan segala fasilitas tempat ini menjadi sepi, tidak terawat, dan akhirnya rusak.

Mengingat, pembangunan tempat olahraga bertaraf internasional ini membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Baca juga: Klasemen Perolehan Medali PON Papua 2021: Sulawesi Tenggara Merangsek Naik, DKI Jakarta di Puncak

"Venue-venue ini menghadirkan berbagi inovasi, kecanggihan kontruksi yang hemat energi dan ramah lingkungan."

"Setelah membangun venue-venue ini tugas kita belum selesai, tugas selanjutnya menjaga, merawat dan memanfaatkan venue ini dengan sebaik-baiknya. Saya tidak ingin setelah PON usai, fasilitas yang telah dibangun dengan dana yang besar dan bertaraf internasional ini justru menjadi tempat yang sepi, tidak terawat dan rusak," kata Jokowi.

Oleh sebab, itu Jokowi meminta gubernur, bupati/walikota untuk segera menyiapkan menajemen pengelolaan fasilitas ini secara profesional.

Hal itu dilakukan agar venue dapat terawat dengan baik.

(Tribunnews.com/Galuh Widya Wardani)
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas