Tribun

Bursa Capres

Elektabilitas Prabowo, Ganjar, dan Anies Memang Tinggi tapi Bukan Jaminan Bakal Jadi Capres

Perlu dicatat, meski elektabilitas ketiga nama ini tergolong tinggi, mereka belum tentu bisa mengikuti Pilpres 2024.

Editor: Malvyandie Haryadi
Elektabilitas Prabowo, Ganjar, dan Anies Memang Tinggi tapi Bukan Jaminan Bakal Jadi Capres
Kompas TV
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belum ada perubahan berarti dalam daftar nama tokoh yang masuk bursa calon presiden tahun 2024 mendatang.

Hingga hari ini, "hanya" tiga nama bakal calon presiden yang namanya bersaing ketat di sejumlah hasil survei.

Mereka adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Hasil survei terbaru Litbang Kompas pada Oktober 2021 menunjukkan, Prabowo yang sebelumnya selalu menduduki peringkat pertama elektabilitas bakal calon presiden (capres), kini tersusul oleh Ganjar.

Elektabilitas keduanya sama-sama berada di angka 13,9 persen. Sementara elektabilitas Anies 4 persen di bawah Prabowo dan Ganjar, yakni 9,6 persen.

Disusul oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,1 persen, Menteri Sosial Tri Rismaharini 4,9 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 4,6 persen, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama 4,5 persen.

Baca juga: Cak Imin Siap Maju Jadi Capres 2024, PKB Bakal Koalisi dengan Partai Lain: Tak Mungkin Sendiri

Ada pula nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan elektabilitas 1,9 persen, Menko Polhukam Mahfud MD 1,2 persen, dan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 1,1 persen.

Sementara nama tokoh lain, seperti Ketua DPR Puan Maharani, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, elektabilitasnya masih di bawah 1 persen.

Ganjar melonjak

Elektabilitas Ganjar Pranowo, dalam pencalonan presiden (capres) untuk Pemilu 2024 saat ini meningkat signifikan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas