Tribun

Komnas HAM Bahas Penanganan Kasus yang Sedang Viral Terkait Internal Kepolisian dengan Propam Polri

Dalam kesempatan itu Komnas HAM dijelaskan mengenai fakta hingga langkah-langkah yang diambil oleh Kepolisian.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
Komnas HAM Bahas Penanganan Kasus yang Sedang Viral Terkait Internal Kepolisian dengan Propam Polri
Tangkapan Layar: Kanal Youtube Humas Komnas HAM RI
Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam dan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo di kantor Komnas HAM RI Jakarta pada Selasa (19/10/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam mengatakan pihaknya membahas sejumlah kasus yang sedang viral terkait internal kepolisian bersama Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo di kantor Komnas HAM RI Jakarta pada Selasa (19/10/2021).

Anam menjelaskan dalam pertemuan tersebut Komnas HAM diberikan fakta, informasi, dan penjelasan yang rinci terkait pengawasan kasus-kasus yang sedang viral dan disorot publik.

Selain itu, kata Anam, pihaknya juga dijelaskan mengenai sistem pengawasan yang dibangun hingga mekanisme evaluasi yang dibangun di internal kepolisian.

Anam mengatakan Komnas HAM menyambut baik keterbukaan tersebut.

Baca juga: Profil Aipda Ambarita, Polisi yang Dimutasi setelah Videonya Periksa Ponsel Viral di Medsos

Ia mengatakan keterbukaan itu menjadi salah satu kunci untuk memastikan bahwa penegakan hukum di Indonesia semakin lama semakin bagus.

Dalam konteks Komnas HAM, kata dia, keterbukaan tersebut merupakan bagian dari akuntabilitas Polri.

Sedangkan dalam konteks Kepolisian, lanjut dia, keterbukaan tersebut bagian dari program Presisi dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Hal tersebut disampaikannya usai melakukan pertemuan dengan Sambo di kantor Komnas HAM RI Jakarta pada Selasa (19/10/2021).

"Begitu pula kami juga dikasih update berbagai kasus yang berkembang dan viral. Kasus Tangerang, kasus Luwu, dan berbagai kasus yang lain. Dan update ini menurut kami semangat yang bagus, tanpa kita tanya, kita dikasih tahu," kata Anam.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas