Tribun

Bursa Capres

Pilpres Masih Jauh, Pengamat Ungkap Risiko Dukungan untuk Anies Maju Capres Tanpa Partai Politik

deklarasi tanpa dukungan partai politik akan berisiko memberikan hambatan bagi sang capres dan juga para pesaingnya

Editor: Wahyu Aji
Pilpres Masih Jauh, Pengamat Ungkap Risiko Dukungan untuk Anies Maju Capres Tanpa Partai Politik
Tribunnews/Irwan Rismawan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan, di Jakarta, Selasa (21/9/2021). Anies Baswedan diperiksa KPK selama 5 jam sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur pada tahun 2019 dengan tersangka Yorry Corneles Pinontoan. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Politik sekaligus Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti angkat bicara soal deklarasi Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera atau disingkat ANIES, untuk Anies Baswedan maju Pilpres 2024.

Menurutnya, deklarasi tanpa dukungan partai politik akan berisiko memberikan hambatan bagi sang capres dan juga para pesaingnya

"Pilpres lumayan masih jauh. Deklarasi capres tanpa partai akan berisiko mendapat hambatan bagi sang capres dan juga para pesaing. Ini hukum alam politik yang secara alami akan muncul," ucap Ray kepada wartawan, Rabu (20/10/21).

Lanjutnya, kata Ray, elektabilitas Anies hingga saat ini masih mengalami stagnan atau tetap tanpa ada peningkatan.

Padahal beberapa calon presiden potensial lainnya, menurutnya, elektabilitasnya makin meroket.

"Elektabilitas Anies sampai saat ini tidak juga bergerak. Stagnan di kisaran 18-20 persen. Sementara calon lain terus merangkak naik, justru saat di mana mereka tidak mempopulerkan diri sebagai capres," ucapnya.

Kendati demikian, menurut Ray adanya gerakan murni dari masyarakat untuk melakukan deklarasi layak diapresiasi.

Baca juga: Anies Dideklarasikan Maju Pilpres 2024, Pengamat: Relawan Ingin Anies Muncul dan Tak Kalah Start

"Tapi sebagai gerakan murni dari masyarakat, tentu deklarasi ini tetap layak diapresiasi. Segala sesuatu yang tumbuh alami dari masyarakat harus diberi tempat yang luas. Dalam konteks ini, deklarasi ini perlu diberi kesempatan," jelasnya.

Sebagai informasi, relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024.

Diketahui, deklarasi tersebut digelar di Gedung Juang 45 dan juga disiarkan secara langsung di sejumlah media pada Rabu (20/10/21).

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas