Tribun

Pinjaman Online

LPSK Minta Korban Pinjol Ilegal Tak Ragu Buat Laporan Agar dapat Perlindungan

(LPSK) memberikan jaminan perlindungan kepada pelapor atau korban penyedia layanan pinjaman online (pinjol) ilegal yang meresahkan.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Johnson Simanjuntak
LPSK Minta Korban Pinjol Ilegal Tak Ragu Buat Laporan Agar dapat Perlindungan
Rizki Sandi Saputra
Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Achmadi saat jumpa pers bersama Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD serta Kabareskrim Polri Brigjen Pol Agus Andrianto di Kantor Menkopolhukam, Jumat (22/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memberikan jaminan perlindungan kepada pelapor atau korban penyedia layanan pinjaman online (pinjol) ilegal yang meresahkan.

Wakil Ketua LPSK Achmadi mengatakan, pihaknya akan serius menyikapi jika adanya laporan dari saksi maupun korban pinjol ilegal tersebut.

"Untuk itu LPSK juga siap memberikan perlindungan kepada saksi, korban, pelapor untuk kepentingan proses peradilan mulai penyidikan sampai di peradilan," kata Achmadi saat jumpa pers bersama di Kantor Menkopolhukam, Jumat (22/10/2021).

Pemberian jaminan perlindungan itu dirasa penting kata Achmadi agar para korban dari kejamnya perusahaan pinjol ilegal ini bisa merasa aman dan tidak takut.

Terlebih jika perkara tersebut naik ke persidangan, LPSK kata Achmadi akan memberikan pendampingan tersebut hingga usai.

"Ini penting agar clear dan bagi pelapor atau pemohon merasa aman, tidak takut, dapat menerangkan keterangan yang sebenar-benarnya," ucap Achmadi.

Baca juga: Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal dan Daftar Pinjol Resmi Berizin serta Terdaftar OJK Oktober 2021

Atas hal itu, dirinya meminta kepada para masyarakat yang merasa menjadi korban dari pinjol ilegal ini untuk segera melapor ke LPSK.

Namun jika tidak berkenan untuk datang langsung ke kantor LPSK, Achmadi mengatakan ada alternatif lain yang bisa ditempuh yakni melalui email btp.lpsk.go.id, atau lpsk.go.id, bisa juga melalui call center 148.

"Sekali lagi, LPSK siap memberikan perlindungan kepada saksi pelapor, atau lembaga dan untuk itu jangan ragu-ragu juga mengajukan permohonan perlindungan kepada LPSK," katanya.

"Untuk itu sekali lagi kami siap memberikan perlindungan saksi dan korban dalam proses peradilan pidana sesuai aturan perundang undangan," tukas Achmadi.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas