Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rangkuman Polling Caketum PBNU: Didominasi Alumni Timur Tengah, dari UAS Hingga Kyai Imam Jazuli

Ramainya tokoh-tokoh ulama yang dikandidatkan tergambar dari hasil polling yang dilakukan beberapa lembaga survei.

Penulis: Husein Sanusi
zoom-in Rangkuman Polling Caketum PBNU: Didominasi Alumni Timur Tengah, dari UAS Hingga Kyai Imam Jazuli
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
MOLOR - Pimpinan Sidang Slamet Effendy Yusuf (tengahi) didampingi Ketua PBNU Said Aqil Siradj (tiga kanan) memimpin sidang pembahasan Tata Tertib Muktamar NU ke-33 di Alun-alun Jombang, Minggu (2/8). Pembahasan Tatib yang seharusnya digelar Sabtu (1/8) malam, diundur menjadi Minggu (2/8) itu diwarnai sejumlah protes dari sejumlah muktamirin ketika pembahasan dan penetapan tatib. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM - Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 akan diselenggarakan tak lama lagi di Lampung pada 23-25 Desember 2021. Gegap gempita para kandidat calon ketua umum PBNU menghiasi dunia maya.

Ramainya tokoh-tokoh ulama yang dikandidatkan tergambar dari hasil polling yang dilakukan beberapa lembaga survei.

Jika memperhatikan figur-figur para kandidat calon ketua umum PBNU yang berada di urutan lima besar, tergambar dominasi background para kandidat berasal dari alumni Timur Tengah yang selalu ada pada setiap peringkat.

Tokoh-tokoh tersebut antara lain, Ustadz Abdul Somad (UAS), Hasan Mutawakkil Alallah, Reza Ahmad Zahid, Said Aqil Siroj, Yahya Zainul Ma'arif, Afifuddin Dimyathi, Imam Jazuli, dan Abdul Ghofur Maemoen Zubair.

Dari total 15 figur pilihan umat pada setiap jenjang, ada delapan figur yang merupakan alumni Timur Tengah. Atau, ada 53.33% umat muslim Indonesia menaruh harapan kepada alumni Timur Tengah untuk memimpin PBNU.

KH. Nanang Firdaus, Lc, alumni Timur Tengah sekaligus pengasuh Pesantren Syafana menyatakan, bahwa besarnya prosentase umat muslim Indonesia menaruh harapan agar NU dipimpin oleh alumni Timur Tengah dilatarbelakangi oleh citra positif yang terbangun di mata masyarakat.

"Saya melihat ini amanah umat bagi kita sebagai alumni Timur Tengah. Amanah itu berupa kepercayaan umat agar kita sebagai alumni bisa berkontribusi lebih nyata pada bangsa dan negara umumnya, dan jamaah Nahdliyyin khususnya," kata Kiyai Nanang.

BERITA TERKAIT

Pengasuh Pondok Pesantren Kreatif Baitul Kilmah Yogyakarta, Dr. KH. Aguk Irawan, Lc., M.A. mengungkapkan pendapatnya tentang banyaknya nama-nama alumni Timur Tengah yang muncul dari berbagai polling berkenaan dengan kapabilitas masing-masing individu.

"Saya lihat, nama-nama yang muncul dalam hasil survei itu adalah ulama-ulama yang punya visi besar pada NU, sekaligus guru-guru dan kiyai-kiyai saya, sebagian ada sahabat dekat saya sendiri," ujar Kiyai Aguk Irawan.

"Ustadz Abdul Somad (UAS) adalah da'i Aswaja yang sangat familiar dengan masyarakat. Sementara Gus Reza, Buya Yahya, Gus Awis, Kiyai Imam Jazuli, dan Kiyai Ghofur adalah figur-figur visioner yang semua orang sudah tahu, sedangkan kyai Said Aqil Siroj dan Hasan Mutawakkil Alallah mungkin lebih tepat di Rois Am," tambahnya.

"Untuk UAS dan Buya Yahya pilihan politik mereka mungkin sering berbeda. Jadi yang tersisa Alumni Timur Tengah untuk Ketum PBNU ya tinggal Gus Awis, Kyai Imam Jazuli, dan Gus Gofur" katanya.

Saat ditanya pilihan yang terbaik untuk memimpin PBNU, Kiyai Aguk Irawan menyebut pilihan subjektifnya, yaitu Kiyai Abdul Ghofur Maemoen dengan perolehan suara 5.90% dalam satu polling, dan tidak disebutkan dalam polling lain.

"Saya ittiba' pada Gus Ghofur. Walaupun tidak masuk kategori Lima Terbaik menurut polling yang ada, tapi kealiman, kezuhudan, kewara'an, dan kepemimpinan beliau adalah yang terbaik bagi saya," ujar Kiyai Aguk.

Rangkuman Polling

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas