Tribun

OSO Disebut akan Tunjuk Sosok Berkompeten Jadi Sekjen Hanura Pengganti Gede Pasek

Kader Partai Hanura mempercayakan sepenuhnya sosok pengganti pos Sekretaris Jenderal (Sekjen) yang ditinggalkan Gede Pasek pada Ketua Umum OSO.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
OSO Disebut akan Tunjuk Sosok Berkompeten Jadi Sekjen Hanura Pengganti Gede Pasek
Tribunnews/Irwan Rismawan
I Gede Pasek Suardika berpose usai wawancara khusus di Kantor Tribun Network di Jakarta, Jumat (19/3/2021). Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kader Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura) mempercayakan sepenuhnya sosok pengganti pos Sekretaris Jenderal (Sekjen) yang ditinggalkan oleh Gede Pasek kepada Ketua Umum Oesman Sapta Odang (OSO)

Hal itu merupakan satu keputusan dari sembilan hasil keputusan Munas III partai Hanura tahun  2019 yang lalu di Hotel Sultan Jakarta. 

Munas ini diikuti 34 DPD, 514 DPC, unsur DPP periode sebelumnya dan 804 anggota DPRD Provinsi serta Kabupaten/Kota se-Indonesia. 

Keputusan munas itu secara aklamasi menetapkan OSO sebagai ketua umum DPP Partai Hanura periode 2019-2024.

Baca juga: Fakta Gede Pasek Suardika Jadi Ketua Umum PKN, Sempat Tak Enak Tinggalkan Hanura Hingga Restu Anas

Dalam keputusan munas III tersebut, OSO selaku ketua terpilih juga di daulat oleh forum peserta sebagai formatur tunggal, mempunyai kewenangan dan tugas menyusun struktur kepengurusan DPP Hanura 2019-2024.  

"Formatur kepengurusan itu Termasuk Memilih Sekjen Partai Hanura. Artinya sekjen adalah bagian dari kewenangan prerogratif Ketua Umum Partai Hanura Bapak OSO untuk mengangkat dan menetapkannya," kata Ketua DPP Partai Hanura Hengki Irawan, Rabu (3/11/2021).

Hengki menegaskan, partai Hanura sendiri memiliki banyak kader berkompeten untuk menempati posisi Sekjen yang ditinggalkan oleh Gede Pasek. 

"The Right man in the right Job or position," ucapnya.

"Kader internal Partai Hanura yang bukan jenis politikus suka berpindah-pindah parpol, itu banyak sekali yang berkompeten dan kapabel untuk menjadi sekjen partai," papar Hengki. 

Baca juga: Mundur dari Hanura, Gede Pasek Suardika Kini Jabat Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara

Dengan demikian, kata Hengki, Partai Hanura biasa saja tanggapi mundurnya Gede Pasek dari posisi Sekjen. 

"Sudah terbaca gelagatnya sejak lama, jadi tidak masalah kalau ada orang yang sukanya pindah-pindah parpol keluar dari Hanura. Kan partai tidak capek membersihakan kader macam begitu. Mereka keluar dengan sendirinya," tandas Hengki.

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas