Tribun

Virus Corona

Syarat dan Aturan Terbaru Perjalanan Dalam Negeri untuk Semua Moda Transportasi

Kementerian Perhubungan melakukan penyesuaian syarat perjalanan orang dalam negeri pada semua moda transportasi.

Penulis: Devi Rahma Syafira
Editor: Inza Maliana
Syarat dan Aturan Terbaru Perjalanan Dalam Negeri untuk Semua Moda Transportasi
WARTA KOTA/WARTA KOTA/ NUR ICHSAN
Syarat dan Aturan Terbaru Perjalanan Orang Dalam Negeri Masa Pandemi Covid-19 melalui Transportasi Darat,Laut, Udara, maupun Kereta Api Masa Pandemi Covid-19. selengkapnya dalam artikel ini 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan penyesuaian syarat perjalanan orang dalam negeri pada semua moda transportasi.

Penyesuaian ini ditetapkan melalui terbitnya 4 (empat) Surat Edaran (SE) yaitu SE Kemenhub Nomor 94, 95, 96, dan 97 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan transportasi darat, laut, udara, maupun kereta api di masa pandemi Covid-19.

Dikutip dari Dephub.go.id, aturan ini berlaku efektif pada Selasa (2/11/2021) sampai dengan waktu yang akan ditentukan, serta dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan atau perkembangan terakhir di lapangan.

Sementara, khusus transportasi udara berlaku pada Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Aturan Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri Dipersingkat Jadi Tiga Hari, Ini Kata Kemenkes

Baca juga: Syarat Perjalanan Penumpang Berubah-ubah, Berikut Penjelasannya

TES ANTIGEN - Suasana kesibukan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (3/11/2022). Para pengguna angkutan udara menyambut baik upaya pemerintah yang akan menerapkan persyaratan penerbangan dengan menggunakan Tes Antigen yang akan mulai berlaku pada 5 November mendatang, tapi sayangnya hanya berlaku untuk Pulau Jawa dan Bali saja. WARTA KOTA/ NUR ICHSAN
TES ANTIGEN - Suasana kesibukan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (3/11/2022). Para pengguna angkutan udara menyambut baik upaya pemerintah yang akan menerapkan persyaratan penerbangan dengan menggunakan Tes Antigen yang akan mulai berlaku pada 5 November mendatang, tapi sayangnya hanya berlaku untuk Pulau Jawa dan Bali saja. WARTA KOTA/ NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/ NUR ICHSAN)

Syarat dan aturan perjalanan yang telah diatur dalam SE, sebagai berikut :

1. Transportasi Udara

a. Penerbangan dari dan ke bandara di wilayah Jawa-Bali

- Bagi pelaku perjalanan yang sudah divaksin dosis lengkap wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan;

- Bagi pelaku perjalanan yang baru divaksin dosis pertama wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

b. Penerbangan antar bandara di dalam wilayah Jawa-Bali

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas