Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Sabtu, 13 November 2021: Hujan Lebat Disertai Angin Terjadi di Yogyakarta

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Sabtu (13/11/2021) waspada hujan lebat disertai angin berpotensi terjadi di Yogyakarta.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Inza Maliana
zoom-in Peringatan Dini BMKG Sabtu, 13 November 2021: Hujan Lebat Disertai Angin Terjadi di Yogyakarta
Pixabay/Pexels
Ilustrasi Prakiraan Cuaca (Pixabay/Pexels) - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Sabtu (13/11/2021) waspada hujan lebat disertai angin berpotensi terjadi di Yogyakarta. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Sabtu (13/11/2021).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudera Hindia barat daya Banten dan di Semenanjung Malaysia bagian timur yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia selatan Sumatera Barat – Banten, di Samudra Hindia barat daya Banten, dan dari perairan selatan Vietnam hingga Thailand bagian selatan.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan selatan Jawa Tengah hingga Selat Makassar, dari perairan selatan NTB hingga Laut Flores, dari Kalimantan Barat hingga Sulawesi Tenggara, dari Laut Sulawesi hingga Sulawesi Tengah, dari Laut Maluku bagian utara hingga Sulawesi Tengah bagian timur, dari Halmahera hingga Laut Banda, dari perairan utara Papua hingga perairan Kep. Aru, dan dari Papua bagian utara hingga Papua bagian selatan.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Ilustrasi Hujan Lebat.
Ilustrasi Hujan Lebat. (KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES)

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Sabtu, 13 November 2021 hingga Minggu, 14 November 2021:

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Besok Sabtu 13 November 2021, Waspada Maluku Hujan Lebat

Baca juga: BMKG: Fenomena La Nina Membuat Uap Air Bertambah 20-100 Persen

Sabtu, 13 November 2021

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

BERITA TERKAIT

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Kep. Bangka Belitung

- Lampung

- Banten

- Jawa Barat

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas