Tribun

Mengenal Apa Itu Siklon Tropis: Syarat Terbentuk hingga Musim Siklon di Sekitar Indonesia

Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar dan mempunyai radius yang cukup luas, yakni mencapai 150 hingga 200 km. Ini penjelasannya.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Nuryanti
Mengenal Apa Itu Siklon Tropis: Syarat Terbentuk hingga Musim Siklon di Sekitar Indonesia
https://www.windy.com/
Pantauan Bibit Siklon 90S sebelum menjadi Siklon Tropis Paddy via windy.com, Senin (22/11/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - BMKG memperingatkan akan adanya Siklon Tropis Paddy di Selatan Jawa pada Senin (22/11/2021).

Siklon Tropis Paddy terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, bertekanan 995 hPa dengan kekuatan 40 knot (75 km/jam).

Siklon Tropis yang sebelumnya adalah Bibit Siklon 90S ini bergerak ke arah selatan dengan kecepatan 6 km/jam menjauhi wilayah Indonesia.

Munculnya siklon ini berdampak tidak langsung bagi cuaca di Indonesia, yakni hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah di Jawa.

Baca juga: Siklon Tropis Paddy Terbentuk di Selatan Jawa, Potensi Hujan Sedang hingga Lebat di 9 Wilayah Ini

Siklon Tropis

Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar dan mempunyai radius yang cukup luas, yakni mencapai 150 hingga 200 km.

Siklon tropis dikenal dengan berbagai istilah di muka bumi, yaitu "badai tropis" atau "typhoon" atau "topan" jika terbentuk di Samudra Pasifik Barat, "siklon" atau "cyclone" jika terbentuk di sekitar India atau Australia, dan "hurricane" jika terbentuk di Samudra Atlantik.

BMKG mempunyai peran besar dalam memberikan peringatan dini terkait adanya siklon tropis ini.

Tujuan utama dari sebuah sistem peringatan dini siklon tropis adalah untuk meminimalkan korban jiwa dan harta benda serta masalah yang diakibatkan oleh siklon tropis dengan menyediakan peringatan dini yang akurat dan tepat waktu bagi komunitas yang terancam.

Dilansir laman BMKG, siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26.5 °C.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas