Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PERINGATAN CUACA BMKG Jumat 26 November 2021: Waspada Hujan Angin Berpotensi di 30 Wilayah

BMKG merilis peringatan dini cuaca untuk besok Jumat, 26 November 2021: hujan lebat di 30 wilayah dapat disertai angin kencang.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in PERINGATAN CUACA BMKG Jumat 26 November 2021: Waspada Hujan Angin Berpotensi di 30 Wilayah
https://www.freepik.com/
Ilustrasi - BMKG merilis peringatan dini cuaca untuk besok Jumat, 26 November 2021: hujan lebat di 30 wilayah dapat disertai angin kencang. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca untuk besok Jumat, 26 November 2021.

Hal tersebut disampaikan BMKG melalui laman resmi web.meteo.bmkg.go.id.

Sebanyak 30 wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang hingga petir.

Baca juga: Peringatan Gelombang Tinggi BMKG Kamis 25 November 2021: 9 Wilayah Perairan Capai 2,5-4 M

Bibit Siklon Tropis 91S terpantau di Samudra Hindia barat daya Sumatra yang membentuk low level jet dengan kecepatan angin lebih dari 25 knot yang memanjang di Samudra Hindia barat daya Sumatra yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang di sepanjang wilayah low level jet tersebut.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia selatan Banten, Laut Natuna dan Laut Maluku bagian utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia selatan Jawa barat, Laut Natuna, Laut Sulawesi dan di Maluku Utara.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Sumatra Utara hingga Aceh, dari Laut Jawa hinngga Kalimantan Selatan, dari Laut Jawa bagian timur hingga Sulawesi bagian selatan, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Timur, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tengah, di Maluku bagian tenggara, dan di Papua bagian tengah.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

BERITA TERKAIT

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

• Aceh

• Sumatra Barat

• Kep. Riau

• Bengkulu

• Jambi

• Sumatra Selatan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas