Tribun

Natal dan Tahun Baru

Aturan PPKM Level 3 Ibadah Natal 2021: Hanya Berkategori Kuning dan Hijau yang Boleh Masuk Gereja

Berikut aturan PPKM level 3 mengenai pelaksanaan ibadah dan peringatan Hari Raya Natal 2021.

Penulis: Katarina Retri Yudita
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Aturan PPKM Level 3 Ibadah Natal 2021: Hanya Berkategori Kuning dan Hijau yang Boleh Masuk Gereja
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Ribuan jemaat kristiani dengan khidmat menjalankan ibadah Natal di Gereja Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Randusari atau Gereja Katedral, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (25/12/2019). Perayaan ekaristi Natal 2019 ini dimeriahkan dengan drama keluarga yang mengangkat tema 'Kamu, Sahabatku', yang menceritakan hidup berdampingan antar umat beragama di Indonesia. Tribun Jateng/Hermawan Handaka - Berikut aturan PPKM level 3 mengenai pelaksanaan ibadah dan peringatan Hari Raya Natal 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut aturan PPKM level 3 mengenai pelaksanaan ibadah dan peringatan Hari Raya Natal 2021.

Pemerintah mengeluarkan ketentuan yang berisi aturan PPKM yang bertujuan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

Ada beberapa aturan yang dituliskan, salah satunya mengenai pelaksanaan ibadah dan peringatan Hari Raya Natal 2021.

Dalam Inmendagri tersebut juga dituliskan mengenai penggunaaan aplikasi PeduliLindungi pada saat masuk (entrance) dan keluar (exit)  gereja.

Selain itu, hanya yang berkategori kuning dan hijau yang diperkenankan masuk.

Baca juga: Aturan PPKM Level 3 Mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022: Masyarakat Dilarang Mudik

Baca juga: Aturan PPKM Level 3 Natal 2021 dan Tahun Baru 2022: Melarang Adanya Pawai dan Arak-arakan Tahun Baru

Jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin, Bogor, dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia, Bekasi, melaksanakan ibadah perayaan Natal 2019 di seberang Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (25/12/2019). Jemaat dua gereja itu melaksanakan ibadah perayaan Natal dengan khidmat dan berharap agar bisa kembali menggunakan tempat ibadah mereka. Tribunnews/Irwan Rismawan
Jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin, Bogor, dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia, Bekasi, melaksanakan ibadah perayaan Natal 2019 di seberang Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (25/12/2019). Jemaat dua gereja itu melaksanakan ibadah perayaan Natal dengan khidmat dan berharap agar bisa kembali menggunakan tempat ibadah mereka. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Berikut aturan PPKM level 3 dari Inmendagri Nomor 62 Tahun 2021 mengenai pelaksanaan ibadah dan peringatan Hari Raya Natal 2021:

1. Gereja membentuk Satuan Tugas Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 yang berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah.

2. Pada pelaksanaan ibadah dan perayaan Natal:

- Hendaknya dilakukan secara sederhana dan tidak berlebih-lebihan, serta lebih menekankan persekutuan di tengah-tengah keluarga;

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas