Tribun

Gelar Anugerah Indonesia Damai 2021, BNPT Dorong Pemuda dan Guru Agama Berperan Cegah Radikalisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar kembali Anugerah Indonesia Damai 2021 di Hotel Discovery Ancol.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
Gelar Anugerah Indonesia Damai 2021, BNPT Dorong Pemuda dan Guru Agama Berperan Cegah Radikalisme
Tribunnews.com/Gita Irawan
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar kembali Anugerah Indonesia Damai 2021 di Hotel Discovery Ancol, Jakarta pada Selasa (30/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar kembali Anugerah Indonesia Damai 2021 di Hotel Discovery Ancol, Jakarta pada Selasa (30/10/2021). 

Kegiatan Anugerah Indonesia Damai merupakan penutup program BNPT di tahun 2021 terkait realisasi program kerja 32 FKPT di seluruh Indonesia. 

Dalam acara tersebut diumumkan para pemenang dari rangkaian kegiatan tersebut di antaranya lomba video kreatif, lomba guru pelopor moderasi beragama di sekolah, lomba microblog dan infografis secara daring.

Selain itu, diselenggarakan juga launching buku bunga rampai yang digelar Subdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT yang bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) yang di 32 Provinsi se-Indonesia. 

Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol R Ahmad Nurwakhid mengatakan kegiatan lomba tersebut pada prinsipnya untuk memotivasi, meresonansi, atau mendorong pemuda, terutama para guru agama untuk berperan aktif dalam pencegahan radikalisme dan terorisme semenjak dini dari hulunya.

Ia menjelaskan hal tersebut menyangkut seluruh masyarakat elemen bangsa dan negara untuk diberikan kontra radikalisasi berupa kontra narasi, kontra propaganda, dan kontra ideologi.

Hal tersebut, kata dia, termasuk dilakukannya vaksinasi ideologi untuk masyarakat yang masih moderat, tetapi tetapi berpotensi untuk terpapar.

Baca juga: BNPT Perkuat Sinergi Tangani Kejahatan Luar Biasa di Indonesia Bersama KPK dan BNN di Era VUCA 

Vaksinasi ideologi tersebut, kata dia, yakni melalui penanaman nilai-nilai budaya, wawasan kebangsaan, Pancasila, nasionalisme dengan moderasi beragama, dan moderasi berbangsa.

"Ini semua yang menjadi ujung tombak terutama radikal terorisme yang mengatasnamakan agama adalah tokoh agama. Dalam konteks ini para guru agama untuk memberikan wawasan kebangsaan dan keagamaan yang moderat terhadap anak didik," kata Nurwakhid usai kegiatan tersebut.

Halaman
123
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas