Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Disabilitas Internasional 3 Desember 2021: Tujuan, Sejarah, serta Twibbon untuk Memperingatinya

Hari Disabilitas Internasional 2021: Berikut tema, tujuan sejarah singkat, serta twibbon untuk memperingatinya

Penulis: Faishal Arkan
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Hari Disabilitas Internasional 3 Desember 2021: Tujuan, Sejarah, serta Twibbon untuk Memperingatinya
Kemensos
Hari Disabilitas Internasional 3 Desember 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut sejarah singkat Hari Disabilitas Internasional 2021, serta twibbon yang dapat digunakan untuk memperingatinya.

Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap 3 Desember.

Setiap tahunnya, Hari Disabilitas Internasional diperingati dengan tema yang bervariasi.

Dikutip dari un.org, tema Hari Disabilitas Internasional tahun 2021 adalah “Leadership and participation of persons with disabilities toward an inclusive, accessible and sustainable post-COVID-19 world” atau “Kepemimpinan dan partisipasi penyandang disabilitas menuju dunia pasca-COVID-19 yang inklusif, mudah diakses, dan berkelanjutan".

Hari Disabilitas Internasional diperingati bertujuan untuk mempromosikan hak-hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di semua bidang masyarakat dan pembangunan.

Selain itu, memobilisasi dukungan untuk memperjuangkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Anda dapat memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun ini dengan saling mengirim ucapan.

BERITA TERKAIT

Selain ucapan, Anda juga dapat saling berkirim Twibbon untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional.

Tribunnews.com merangkum 15 twibbon bertemakan Hari Disabilitas Internasional.

Baca juga: 66 Orang Karyawan Pegadaian Penyandang Disabilitas

Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional ke 27 yang berlangsung di Gedung Wanita Kota Semarang para penyandang disabilitas di Jawa Tengah berikrar tidak memerlukan belas kasihan dari siapapun. Yang mereka butuhkan adalah akses dan ruang yang sama. Ikrar tersebut dibacakan langsung di hadapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (11/12).. TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka
Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional ke 27 yang berlangsung di Gedung Wanita Kota Semarang para penyandang disabilitas di Jawa Tengah berikrar tidak memerlukan belas kasihan dari siapapun. Yang mereka butuhkan adalah akses dan ruang yang sama. Ikrar tersebut dibacakan langsung di hadapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (11/12).. TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka (TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA)

Baca juga: Dukung Kaum Disabilitas Berprestasi, Megawati: Kalian Harus Percaya Diri

Sejarah Singkat Hari Disabilitas Internasional

Dilansir un.org, peringatan tahunan Hari Penyandang Disabilitas Internasional diproklamasikan pada 1992, dalam Majelis Umum PBB 47/3.

Peringatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan hak-hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di semua bidang masyarakat dan pembangunan.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kesadaran akan keuntungan yang akan diperoleh dari integrasi penyandang disabilitas dalam setiap aspek kehidupan politik, sosial, ekonomi, dan budaya.

Negara-negara Anggota, organisasi masyarakat sipil, dan sektor swasta dipersilakan untuk menyelenggarakan acara mereka sendiri untuk merayakan Hari Disabilitas Internasional, guna meningkatkan kesadaran dan mempromosikan hak dan perspektif penyandang disabilitas di seluruh dunia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas