Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sebut Dapat Dukungan 469 Suara Jelang Muktamar NU, Gus Yahya: Semua Real, Bukan Sekedar Klaim

Gus Yahya, menyatakan sudah mendapat dukungan dari 469 suara menjelang Muktamar Ke-34 NU

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Sebut Dapat Dukungan 469 Suara Jelang Muktamar NU, Gus Yahya: Semua Real, Bukan Sekedar Klaim
TRIBUN LAMPUNG/ANDI ASMADI
Gus Yahya (kanan) dan Gus Ipul dalam acara Ngopi Bareng Bersama Gus Yahya dari Arena Muktamar di Hotel Novotel, Kota Bandar Lampung, Selasa (21/12/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, BANDAR LAMPUNG – Calon Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Yahya Cholil Staquf atau biasa disapa Gus Yahya, menyatakan sudah mendapat dukungan dari 469 suara menjelang Muktamar Ke-34 NU yang digelar di Lampung 22-23 Desember 2021.

“Dukungan itu solid dan bisa dicek langsung dari mana saja dukungan itu. Semua real, bukan sekedar klaim angka-angka,” kata Gus Yahya dalam konferensi pers bertajuk “Ngopi Bareng Gus Yahya dari Arena Muktamar” di Hotel Novotel, Kota Bandar Lampung, Selasa (21/12/2021) siang.

Muktamar NU yang akan dibuka oleh Presiden Jokowi di Pesantren Darussa’adah Lampung Tengah itu salah satu agenda utamanya adalah pemilihan Ketua Umum PBNU.

Sampai Selasa malam, ada dua calon kuat. Pertama, Kiai Said Aqil Siradj yang saat ini masih menjabat Ketua Umum PBNU. Ia sudah menjabat selama dua periode.

Kedua, Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya, yang saat ini menjabat Katim Aam PBNU. Ia baru pertama kali mencalonkan diri menjadei ketua umum tanfidziyah.

Dalam acara ngopi bareng tersebut, Gus Yahya didampingi Saifullah Yusuf atau biasa disapa Gus Ipul dan beberapa ulama pengasuh pondok pesantren dan pengurus NU daerah.

Baca juga: Gus Yahya Klaim Kantongi 469 Suara Dukungan Jelang Muktamar ke-34 NU di Lampung

Hadir juga para pemimpin redaksi dan reporter media massa di Lampung, serta tim peliput muktamar yang datang dari Jakarta. 

BERITA TERKAIT

Kegiatan tersebut juga ditayangkan melalui zoom meeting dan diikuti oleh media massa nasional di Jakarta.

Gus Yahya mengaku informasi soal 469 suara dukungan itu berasal dari Gus Ipul. “Beliau yang mengawal suara dukungan itu, dan saya meneripa laporannya,” ujar dia.

Baca juga: Klaim 11 PCNU Lampung Dukung Gus Yahya, Kubu Kiai Said: Biasa Itu Mah

Jika Gus Yahya mengklaim mendapat 469 suara, maka sejatinya pemilihan ketua umum sudah selesai sebelum muktamar dibuka.

Namun, masalahnya, calon lain yakni Kiai Said Aqil juga mengklaim mendapat dukungan suara mayoritas. Dalam beberapa kesempatan, kubu Kiai Said Aqil menyebut angka 389 suara dukungan untuk menjabat periode ketiga memimpin PBNU.

Jika suara Gus Yahya yang 469 dan suara Kiai Said yang 389 dijumlahkan, maka total terdapat 858 suara.

Padahal, menurut Gus Ipul, jumlah suara yang memiliki hak pilih totalnya 587, namun karena ada sejumlah kepengurusan yang bermasalah, maka total suara sah dalam muktamar kali ini sebanyak 519.

Dengan demikian, ada kelebihan 339 suara. Apakah  itu suara ghaib?

Menurut Gus Ipul, angka 469 suara dukungan yang dipaparkan Gus Yahya semaunya real dan jelas siapa orangnya, siapa pengurusnya.

Baca juga: Siap Ikut Muktamar NU, 20 Utusan Rombongan PWNU Jawa Tengah Sudah Tiba di Lampung

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas