Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Riset : 22 Persen Masyarakat Siap Liburan Akhir Tahun karena Sudah Vaksinasi Covid-19

Akhir tahun dapat menjadi momen untuk melakukan perjalanan wisata atau liburan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Riset : 22 Persen Masyarakat Siap Liburan Akhir Tahun karena Sudah Vaksinasi Covid-19
WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Stasiun Pasar Senen Jakarta mulai ramai oleh penumpang yang hendak menggunakan jasa kereta api, Selasa (21/12/2021). Pada hari selasa ini PT KA memberangkatkan 27 rangkaian dari Stasiun Gambir dan 19 rangkaian dari Stasiun Senen dengan mengangkut penumpang lebih dari 7000 orang. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Akhir tahun dapat menjadi momen untuk melakukan perjalanan wisata atau liburan.

Namun, adanya pandemi Covid-19 disertai isu Omicron menyebabkan sebagian masyarakat mempertimbangkan kembali momen berliburnya.

Meski demikian, 22 persen responden merasa siap dan percaya diri untuk melakukan perjalanan liburan akhir tahun dengan pertimbangan bahwa banyak orang yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 serta adanya kebijakan penerapan protokol kesehatan oleh pemerintah.

“Sebagian besar masyarakat Indonesia berpikir perlunya mempertimbangkan liburan akhir tahun mengingat masa pandemi Covid-19 belum berakhir," Chief Executive Officer (CEO) POPULIX Timothy Astandu dalam keterangannya, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Berlaku Besok, Ini Aturan Nonton Bioskop saat Nataru: Buka Sampai Pukul 21.00, Kapasitas 50 Persen

Hasil itu didasari survei Populix yang diikuti oleh 1.012 responden dengan mayoritas responden adalah gen Z dan milenial yang tinggal di kota-kota besar dari kelompok SES A menunjukkan, sepertiga responden telah merencanakan perjalanan akhir tahun.

Waktu yang diambil adalah di minggu keempat bulan Desember, dengan masa liburan selama 3 – 7 hari.

BERITA TERKAIT

Sementara hampir setengah dari responden, yaitu 48 persen memilih untuk tidak melakukan perjalanan atau liburan akhir tahun dikarenakan masih adanya kekhawatiran akan penyebaran Covid-19.
                                          
Riset ini juga menanyakan mengenai pilihan daerah tujuan wisata yang akan dikunjungi.

Destinasi domestik atau dalam negeri rupanya masih menjadi pilihan utama mereka yang akan melakukan perjalanan liburan akhir tahun.

Baca juga: Aturan Cuti ASN dan Larangan Bepergian Selama Periode Nataru

Tiga daerah tujuan wisata yang masih menjadi primadona yaitu Bali (30 persen), Yogyakarta (25 persen), dan Bandung (21 persen).

Sementara untuk perjalanan luar negeri, tiga negara yang paling banyak ingin dikunjungi adalah Jepang, Singapura, dan Korea Selatan, meskipun belum semua negara tersebut menerima kembali wisatawan asing.

Pengguna Pesawat Meningkat di Masa Pandemi

Menariknya, meski masih dalam masa pandemi Covid-19, hasil survei Populix menunjukan, penggunaan pesawat udara menjadi pilihan transportasi yang paling banyak dipilih untuk melakukan perjalanan, yaitu sebanyak 42 persen. Dan maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia, menjadi pilihan utama dan paling dipercaya oleh responden (63 persen) karena penerapan protokol kesehatan yang mumpuni.

Pilihan moda transportasi berikutnya yang banyak diminati untuk melakukan perjalanan liburan adalah kendaraan pribadi (41 persen).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas