Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Jumat 7 Januari 2022: Waspada 19 Wilayah Ini Hujan Lebat Disertai Angin

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Jumat (7/1/2022) waspada 19 wilayah ini berpotensi hujan lebat disertai angin.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Peringatan Dini BMKG Jumat 7 Januari 2022: Waspada 19 Wilayah Ini Hujan Lebat Disertai Angin
Grafis/Rahmandito Dwiatno
Prakiraan Cuaca - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Jumat (7/1/2022) waspada 19 wilayah ini berpotensi hujan lebat disertai angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Jumat (7/1/2022).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, sirkulasi siklonik terpantau di Laut Natuna bagian timur dan di Samudra Hindia barat daya Lampung.

Kondisi ini membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Laut Natuna bagian timur, di Samudra Hindia barat Sumatera Barat-Bengkulu, dan di Samudra Hindia barat daya Banten.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Sumatera Utara bagian selatan hingga pesisir barat Sumatera Barat, dari perairan timur Lampung hingga perairan selatan Kalimantan Tengah.

Juga dari Selat Karimata hingga Kalimantan Selatan, dari perairan timur Kalimantan Utara hingga Selat Makassar.

Serta dari perairan selatan P. Sumba hingga P. Timor bagian barat, dari Samudra Pasifik utara Halmahera hingga perairan utara Halmahera, dan dari perairan selatan Sulawesi Utara hingga Laut Seram.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca juga: Peringatan Gelombang Tinggi Jumat 7 Januari 2022, BMKG: 1 Wilayah Perairan Capai 2,5-4 Meter

BERITA TERKAIT

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Jumat, 7 Januari 2022 hingga Sabtu, 8 Januari 2022:

Jumat, 7 Januari 2022

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Sumatera Barat

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Lampung

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas