Tribun

Pemindahan Ibu Kota Negara

Risma Masuk Kriteria Pemimpin IKN, PDIP: Fokus Saja Jadi Menteri, Kita Punya Banyak Kader

Meski nama Tri Rismaharini masuk kriteria calon pemimpin IKN, PDIP minta Risma fokus jadi menteri.

Penulis: Inza Maliana
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Risma Masuk Kriteria Pemimpin IKN, PDIP: Fokus Saja Jadi Menteri, Kita Punya Banyak Kader
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto saat ditemui di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (7/1/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Wali Kota Surabaya yang kini menjabat sebagai Menteri Sosial Tri Rismaharini, masuk dalam bursa Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Masuknya nama Risma sejalan dengan kriteria calon pemimpin Ibu Kota Baru yang sebelumnya disebut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun, Jokowi menyebut kriteria calon pemimpin IKN Nusantara adalah seorang kepala daerah yang berlatarbelakang arsitek.

PDIP pun ikut bereaksi menanggapi kadernya masuk dalam bursa calon pemimpin IKN Nusantara ini.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, seharusnya Risma tetap fokus pada tugasnya di pemerintahan saat ini.

"Mengingat Bu Risma sudah mengemban tugas yang sangat penting sebagai Menteri Sosial. Jadi dalam konteks itu PDI-P menyadari bahwa setiap kader harus berkonsentrasi pada tugasnya."

"Yang sudah menjadi menteri, ya menjadi menteri konsentrasi di situ," kata Hasto ditemui di sela-sela HUT PDI-P, Senin (24/1/2022), dilansir Kompas.com.

Sekjen DPP Partai PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto respon pelaporan yang dilayangkan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun ke KPK soal Kasus KKN Anak Presiden (Tangkap Layar Kompas Tv) , Selasa (18/1/2022)
Sekjen DPP Partai PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto respon pelaporan yang dilayangkan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun ke KPK soal Kasus KKN Anak Presiden (Tangkap Layar Kompas Tv) , Selasa (18/1/2022) (Tangkap Layar Kompas Tv)

Menurut Hasto, apabila kriterianya hanya kepala daerah atau mantan kepala daerah, Risma memungkinkan memenuhi hal tersebut.

Namun, Hasto ingin partainya tetap memberikan kesempatan kepada tokoh lain selain Risma untuk menjadi calon pemimpin IKN.

"Kita juga harus memberikan ruang bagi yang lain untuk diberikan kesempatan," tambah dia.

Hasto tak memungkiri, partainya memiliki sejumlah kader yang menjadi kepala daerah.

Sejumlah kader itu pun disebut berpotensi menjadi calon pemimpin IKN.

"Ya kalau kriterianya itu kepala daerah yang berhasil kita punya banyak. Ada Pak Anas (Abdullah Azwar Anas, mantan Bupati Banyuwangi) di Banyuwangi."

"Ada Pak Hendi (Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang) dari Semarang yang juga terbukti mampu menunjukkan kepemimpinan yang baik," jelasnya.

Baca juga: Jawaban Risma Terkait Berpeluang Jadi Kepala Otorita IKN Nusantara: Banyak Kepala Daerah Arsitek

Baca juga: Jokowi Sebut Kriteria Kepala Otorita Ibu Kota Baru, Bagaimana Peluang Ridwan Kamil?

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas