Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Selasa, 8 Februari 2022: Waspada 32 Wiayah Alami Hujan Lebat hingga Angin

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Selasa (8/2/2022) waspada 32 wilayah alami hujan lebat hingga angin.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Peringatan Dini BMKG Selasa, 8 Februari 2022: Waspada 32 Wiayah Alami Hujan Lebat hingga Angin
Grafis/Rahmandito Dwiatno
Prakiraan Cuaca - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Selasa (8/2/2022) waspada 32 wilayah alami hujan lebat hingga angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Selasa (8/2/2022).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Bibit Siklon Tropis 93S terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan barat daya Banten yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terpantau memanjang di Samudra Hindia selatan Banten-Jawa Barat.

Peningkatan kecepatan angin (low level jet) yang terinduksi akibat bibit siklon tropis tersebut terpantau di Samudra Hindia barat Bengkulu hingga selatan Jawa Barat.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Kalimantan Barat yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Timur hingga Laut Natuna bagian timur. Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di perairan utara Aceh, dari Laut Natuna hingga Selat Karimata bagian utara, dari Laut Jawa bagian Tengah hingga Jawa Timur, di Laut Sulawesi, dari Selat Makassar bagian tengah hingga Sulawesi Selatan, dan di Laut Maluku.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca juga: Peringatan Dini Gelombang Tinggi Senin, 7 Februari 2022, BMKG: 5 Perairan Capai 4-6 Meter

Baca juga: BMKG Sebut Gempa Banten Tak Ada Kaitannya dengan Aktivitas Gunung Anak Krakatau

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Selasa, 8 Februari 2022 hingga Rabu, 9 Februari 2022:

Selasa, 8 Februari 2022

BERITA REKOMENDASI

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Riau

- Kep. Riau

- Bengkulu

- Jambi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas