Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dubes RI Fadjroel Rachman Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Presiden Kazakhstan

Dubes RI Fadjroel Rachman menyerahkan surat kepercayaan (Letter of Credence) kepada Presiden Kazakhstan, Kasyim Jomart Tokayev.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Dubes RI Fadjroel Rachman Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Presiden Kazakhstan
Istimewa
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes) untuk Republik Kazakhstan Fadjroel Rachman menyerahkan surat kepercayaan (Letter of Credence) kepada Presiden Kazakhstan, Kasyim Jomart Tokayev, Senin (21/2/ 2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes) untuk Republik Kazakhstan Fadjroel Rachman telah menyerahkan surat kepercayaan (Letter of Credence) kepada Presiden Kazakhstan, Kasyim Jomart Tokayev, Senin (21/2/ 2022).

Pada saat yang sama Presiden Tokayev juga menerima surat kepercayaan dari Duta Besar Mongolia, Yunani, Maroko, Kanada, Israel, dan Hungaria.

Pada kesempatan itu, Fadjroel menyampaikan salam hormat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Presiden Kasyim Jomart Tokayev.

Ia juga menjelaskan tentang upaya diplomasi yang akan dilakukan selama bertugas di Kazakhstan.

“Upaya kami sebagai Duta Besar, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kerjasama dalam segala bidang, termasuk diplomasi ekonomi sebesar 70-80 persen," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (22/2/2022).

Pada kesempatan yang sama, eks Jubir Presiden Jokowi itu juga memaparkan tentang upaya untuk semakin menggiatkan Pencak Silat di Kazakhstan.

Baca juga: Dubes Fadjroel Koordinasi dengan Kemlu Siapkan Contingency Plan Hadapi Situasi Darurat di Kazakhstan

BERITA TERKAIT

Menurutnya salah satu kekayaan budaya yang akan dibawa sebagai lokomotif budaya Indonesia adalah Pencak Silat.

Dalam empat tahun terakhir, Pencak Silat berkembang sangat pesat di sini.

Asosiasi Pencak Silat Kazakhstan, sudah ada di 12 region atau provinsi, dari 14 region yang ada.

Selain itu, Fadjroel juga menyampaikan salam dari rakyat Indonesia kepada rakyat Kazakhstan serta harapan akan terlaksananya kunjungan resmi antara pemimpin negara.

Baca juga: Ini Alasan Jokowi Belum Tunjuk Jubir Presiden Pengganti Fadjroel Rachman

"Saya juga menyampaikan, salam hormat dari 270 juta jiwa rakyat Indonesia kepada 19 juta jiwa rakyat Kazakhstan. Suatu hari kami berharap Presiden Kasyim Jomart Tokayev bisa melaksanakan official visit ke Indonesia, demikian juga Presiden Joko Widodo bisa berkunjung ke Kazakhstan," tuturnya.

Sementara itu, Presiden Tokayev menyampaikan ucapan selamat atas dimulainya secara resmi penugasan di Kazakhstan dan dukungan dari pemerintah Kazakhstan kepada Duta Besar Fadjroel Rachman dalam melaksanakan tugasnya selama di Kazakhstan.

Baca juga: Ketua DPP Golkar Sebut Posisi Jubir Presiden Pengganti Fadjroel Tergantung Presiden Jokowi

Selanjutnya, Presiden Tokayev juga memaparkan bahwa Indonesia adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kebijakan luar negeri Kazakhstan.

Indonesia adalah negara mitra Kazakhstan yang mempunyai hubungan baik secara bilateral dan multilateral.

Peran Kazakhstan dalam Inisiatif One Belt One Road dan keanggotaan dalam Eurasian Economic Union dapat menghadirkan peluang baru untuk hubungan yang lebih kuat dengan negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.

Terakhir, Presiden Tokayev juga menyampaikan selamat kepada Indonesia atas presidensi G20.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas