Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Arifin Panigoro di Mata Anies Baswedan: Sosok yang Berbuat Banyak untuk Indonesia

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di DKI Jakarta itu turut mengenang sosok Arifin Panigoro yang dikenal sebagai raja minyak Indonesia.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Arifin Panigoro di Mata Anies Baswedan: Sosok yang Berbuat Banyak untuk Indonesia
Tribunnews.com/Rizki S
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyambangi sekaligus takziah di rumah duka almarhum Arifin Panigoro di Jalan Madrasah 2, Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Selasa (8/3/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan penghormatan terakhir sekaligus bertakziah ke rumah duka mendiang almarhum Arifin Panigoro, Selasa (8/3/2022) di Jalan Madrasah 2, Cilandak Timur, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di DKI Jakarta itu turut mengenang sosok Arifin Panigoro yang dikenal sebagai raja minyak Indonesia.

Semasa hidupnya, Arifin Panigoro dikatakan Anies Baswedan merupakan sosok yang banyak berbuat untuk kemajuan Indonesia baik dari sektor energi hingga pendidikan.

"Almarhum pak Arifin Panigoro adalah seorang yang sangat mencintai bangsanya dan beliau menghibahkan begitu banyak waktu nya energi nya sumber dayanya untuk kemajuan bangsa, begitu banyak sektor yang disentuh oleh beliau," kata Anies kepada awak media di rumah duka Arifin Panigoro, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Aburizal Bakrie Sambangin Rumah Duka Arifin Panigoro

Tak hanya itu, Anies juga turut mengenang kepribadian Arifin Panigoro yang sedari muda merupakan aktivis yang kemudian melenggang ke dunia bisnis.

Kata Anies, semasa hidupnya, banyak hal yang ditinggalkan oleh Arifin Panigoro khususnya dalam sektor energi.

BERITA TERKAIT

"Pak Arifin Panigoro ini seorang aktivis masa muda nya kemudian terjun di dunia bisnis khususnya energi tapi dia tidak pernah melupakan semangat aktivisme nya," beber Anies.

Atas hal itu dirinya mengatakan merasa kehilangan sosok Arifin Panigoro yang disebutnya merupakan sosok yang open minded dan setiap tahunnya selalu turut andil dalam kegiatan di Jakarta maupun Indonesia.

Bahkan dia mengaku, terakhir kali dirinya bertemu dengan Arifin Panigoro juga dalam agenda kenegaraan yakni Asian Statement Forum yang digelar setiap setahun sekali.

"Beliau mendukung banyak sekali kegiatan di Indonesia ini dari mulai yang di Jakarta sampai yang di daerah-daerah jadi kita kehilangan figur yang luar biasa," tukasnya.

Diketahui, Arifin Panigoro meninggal dunia pada usia 76 tahun karena sakit di salah satu Rumah Sakit di Amerika Serikat. Saat ini jenazah Arifin sedang disemayamkan di rumah duka di Jalan Madrasah 2, Cilandak Timur, Jakarta Selatan.

Jenazah almarhum Arifin Panigoro baru tiba di tanah air pada Selasa (8/3/2022) dini hari tadi.

Arifin Panigoro yang merupakan pendiri PT Medco Energi Internasional Tbk memulai usaha dengan mengakuisisi Tesoro di Kalimantan Timur.

Tesoro sendiri bukan lah nama daerah, melainkan nama perusahaan yang menjalankan produksi minyak bumi sebelum Medco.

Majalah Forbes pernah mencatatkan Arifin Panigoro sebagai orang terkaya di Indonesia pada tahun 2020. Menempati peringkat ke-47, Forbes mencatat kekayaannya sebesar US$ 550 juta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas