Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Task Force Energy, Sustainable & Climate B20 Ajak Perusahaan Global Lahirkan Rekomendasi Untuk G20

The 2nd Call Meeting Task ESC B20 kembali membahas sebanyak tiga rekomendasi kebijakan dan 14 rekomendasi tindakan.

Editor: Content Writer
zoom-in Task Force Energy, Sustainable & Climate B20 Ajak Perusahaan Global Lahirkan Rekomendasi Untuk G20
Istimewa
Para Pimpinan atau Perwakilan dari Perusahaan Global yang akan menjadi narasumber pada acara “Energy, Suistainability and Climate Task Force” B20 Indonesia 2022 yang diselenggarakan secara daring pada Selasa (08/03/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Task Force Energy, Sustainable & Climate Business 20 (B20) terus mendorong terciptanya kebijakan untuk menekan perubahan iklim, penggunaan energi bersih, dan penurunan emisi karbon.

Untuk itu, melalui The 2nd Call Meeting Task force Energy, Sustainable, and Climate (ESC) B20, pada Selasa, 8 Maret 2022, perusahaan-perusahaan global diajak turut berpartisipasi dalam melahirkan kebijakan yang akan ditindaklanjuti pada kepemimpinan G20.

Dalam rapat tersebut sebanyak 3 (tiga) rekomendasi kebijakan dan 14 rekomendasi tindakan kembali dibahas yang akan dilanjutkan dengan diskusi dan umpan balik dari semua co-chair yang hadir.




Ketiga rekomendasi kebijakan tersebut, yaitu: Pertama, meningkatkan kerja sama global dalam mempercepat transisi ke penggunaan energi yang berkelanjutan dengan mengurangi intensitas karbon dari penggunaan energi melalui berbagai jalur.

Kedua, meningkatkan kerja sama global untuk memastikan transisi yang adil, teratur, dan terjangkau menuju penggunaan energi yang berkelanjutan di seluruh negara maju dan berkembang.

Ketiga, meningkatkan kerja sama global dalam meningkatkan keamanan energi tingkat konsumen dengan meningkatkan akses dan kemampuan untuk mengkonsumsi energi yang bersih dan modern.

“Ini merupakan kebijakan dari apa yang sudah dikembangkan. Kami menentukan serangkaian tindakan yang diperlukan untuk memungkinkan negara-negara B20 dan G20 untuk melaksanakan rekomendasi kebijakan kami,” ujar Oki Muraza selaku Manager Policy Taskforce ESC B20.

BERITA TERKAIT

Selain itu, ia mengatakan bahwa rekomendasi itu dapat dijadikan beberapa masukan untuk tindakan kebijakan yang sejalan antara satu dan yang lainnya.

“Kami percaya, rekomendasi yang ada saat ini dapat mewakili niat kami untuk merekomendasikan kebijakan yang relevan di bidang lain yang menggunakan isu keberlanjutan energi dan perubahan iklim,” tutur Oki.

Deputy Chair Task force ESC B20, Agung Wicaksono mengatakan bahwa semua rekomendasi yang ada saat ini masih bisa menyesuaikan dan dapat terus berkembang sesuai dengan kebutuhan seiring dengan proses berjalannya Task force ESC B20.

“Ini merupakan harapan kita semua untuk bisa menangani dan menggabungkan beberapa masukan secara kolektif menuju hasil yang efektif dan dapat ditindaklanjuti, terlebih rekomendasi ini mewakili kepentingan komunitas B20,” ujar Agung.

Selain 3 rekomendasi kebijakan, Oki juga menyampaikan ada 14 rekomendasi tindakan sebagai bentuk aksi atas rekomendasi kebijakan tersebut, yaitu:

1. Meningkatkan laju peningkatan efisiensi energi di seluruh perekonomian.

2. Secara bertahap mengurangi emisi karbon dari pembangkit listrik tenaga batu bara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas