Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antusiasme Masyarakat Tinggi, KSP Sebut MotoGP Mandalika Geliatkan Wisata NTB

Pelaksanaan MotoGP Indonesia 2022 yang berlangsung 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika telah menggeliatkan pariwisata di NTB.

Penulis: Reza Deni
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Antusiasme Masyarakat Tinggi, KSP Sebut MotoGP Mandalika Geliatkan Wisata NTB
istimewa
Tiket MotoGP Mandalika 2022 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaksanaan MotoGP Indonesia 2022 yang akan berlangsung 18-20 Maret mendatang di Sirkuit Internasional Mandalika telah menggeliatkan pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Demikian dilaporkan oleh tim tenaga profesional Kantor Staf Presiden (KSP) yang mengawal persiapan MotoGP 2022 sebagai isu strategis nasional di Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

“MotoGP 2022 merupakan perhelatan internasional yang menjadi kebanggaan Indonesia. Beberapa pemberitaan terkait penjualan tiket MotoGP yang rendah, itu tidak benar. Antusias masyarakat dan wisatawan terbukti sangat tinggi, hal ini ditandai juga dengan tingkat reservasi dan booking akomodasi di kawasan Lombok yang meningkat pesat,” kata Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian, kepada wartawan, Jumat (11/3/2022).

Baca juga: Jelang MotoGP, ASDP Prediksi Puncak Penyeberangan ke Lombok Terjadi 19 Maret

Baca juga: Pengaspalan Ulang Area Lintasan Utama Sirkuit Mandalika Telah Rampung

Berdasarkan laporan pihak Dinas Pariwisata NTB kepada tim KSP, dari 17.833 total akomodasi yang tersedia, sebanyak 11.169 akomodasi atau 62 persen-nya telah tersewa.

Bahkan dalam rentang tanggal 4 hingga 7 Maret saja, sebanyak 547 akomodasi telah dipesan.

"Akomodasi ini tidak hanya berlokasi di Mandalika dan Mataram saja, namun tersebar di Sembalun, Jerowaru, Gili, dan Tete Batu," ujarnya.

Ditambah lagi dari segi transportasi, sudah tercatat lebih dari 15.000 tiket perjalanan udara menuju Bandara Lombok yang direservasi dari rentang waktu 12 Maret hingga 20 Maret 2022.

Baca juga: Setelah PDIP, Giliran PSI Sentil Anggaran Sirkuit Formula E Membengkak Rp 10 Miliar

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan sebanyak 60 ribu tiket MotoGP Mandalika pada hari ketiga atau pada hari perlombaan sudah terjual habis.

Pihak penyelenggara pun berencana akan menambah 1.000 tiket lagi.

Helson mengatakan bahwa ajakan menonton MotoGP tidak hanya ditujukan kepada pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) saja, namun juga kepada seluruh lapisan masyarakat terutama warga NTB.

Baca juga: Istri hingga Manajer Doni Salmanan Bakal Diperiksa Bareskrim Senin Pekan Depan

Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah daerah dan pihak penyelenggara telah menyediakan sepuluh ribu tiket MotoGP dengan diskon hingga 70 persen khusus untuk warga yang memiliki KTP NTB.

“Sebagai tuan rumah MotoGP, warga NTB diharapkan turut memeriahkan perhelatan yang berlokasi di halaman rumah mereka sendiri. Ini adalah terobosan agar masyarakat tidak hanya terlibat dalam proses pembangunan sirkuit Mandalika, namun dapat ikut menikmati ajang balapan bergengsi ini,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas