Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PERINGATAN DINI Cuaca Ekstrem BMKG Senin, 4 April 2022: 25 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

BMKG merilis peringatan dini untuk Senin, 4 April 2022, terdapat 25 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in PERINGATAN DINI Cuaca Ekstrem BMKG Senin, 4 April 2022: 25 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat
pixabay.com
Ilustrasi cuaca ekstrem - BMKG merilis peringatan dini untuk Senin, 4 April 2022, terdapat 25 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Senin (4/4/2022) besok.

Terdapat beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 25 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Sementara 5 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Minggu 3 April 2022: Jateng dan Yogyakarta Alami Hujan Lebat hingga Angin

BMKG menginformasikan, terdapat Bibit Siklon Tropis 94W terpantau di Samudra Pasifik Timur Filipina dengan kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan udara minimum 1007,1 mb.

Bibit siklon ini bergerak ke arah barat dengan potensi dalam 24 jam kedepan untuk tumbuh menjadi Siklon tropis dalam kategori rendah.

Sirkulasi Siklonik terpantau di sekitar Malaysia sebelah timur Sumatera, Australia bagian utara dan di Samudra Hindia selatan Jawa.

BERITA REKOMENDASI

Daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Riau hingga Bangka Belitung, di Sumatera Selatan, dari Jawa Barat hingga Jawa Tengah, di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Timur, di Sulawesi bagian tengah, di Maluku dan NTB serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Sumatera bagian selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Sulawesi bagian utara, Maluku Utara dan Papua bagian utara.

Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Senin, 4 April 2022: Waspada Jawa Tengah Hujan Lebat

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Senin (4/4/2022) besok:

- Aceh

- Riau

- Kep. Riau

- Jambi

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas