Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Cuaca Ekstrem Senin 18 April 2022: Simak Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

BMKG merilis peringatan dini untuk Senin, 18 April 2022, terdapat 26 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Peringatan Dini BMKG Cuaca Ekstrem Senin 18 April 2022: Simak Wilayah Berpotensi Hujan Lebat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Awan gelap menyelimuti gedung bertingkat di Jakarta, Senin (1/11/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk berbagai wilayah di Indonesia hingga 6 November 2021. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Senin (18/4/2022).

Sejumlah daerah mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 26 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Sementara 5 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Senin, 18 April 2022: Waspada Jawa Timur Hujan Lebat

BMKG menginformasikan, terdapat Bibit Siklon Tropis 94S terpantau di Laut Arafuru dengan kecepatan angin maksimum 15 kt dan tekanan udara minimum 1005,5 mb.

Sistem ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut Arafuru selatan Papua hingga pesisir utara Australia.

Sistem ini bergerak ke arah timur tenggara dan memiliki potensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada pada kategori rendah.

BERITA TERKAIT

Sirkulasi Siklonik terpantau di perairan barat Sumatera utara dan di Sulawesi Tenggara bagian selatan yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Samudra Hindia barat Aceh hingga perairan barat Aceh, dari Semenanjung Malaysia hingga perairan barat Sumatera Barat, dan dari Sulawesi Selatan bagian utara hingga perairan timur Sulawesi Tenggara.

Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang di sekitar wilayah bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Senin (18/4/2022) besok:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas