Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Matangkan Persiapan Penyelenggaraan GPDRR 2022

Pemerintah terus mematangkan persiapan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Forum Kebijakan Global Pengurangan Risiko Bencana

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Pemerintah Matangkan Persiapan Penyelenggaraan GPDRR 2022
Tribunnews.com/ Fahdi Fahlevi
Menko PMK Muhadjir Effendy dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (29/3/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Pemerintah terus mematangkan persiapan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Forum Kebijakan Global Pengurangan Risiko Bencana atau Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan bahwa forum tersebut sangatlah penting sebagai panduan pelaksanaan terhadap pengurangan risiko bencana.

"Di mana Indonesia lebih rentan terhadap bencana seperti gunung meletus dan gempa bumi. Tentu ini merupakan langkah untuk memperkokoh Indonesia sebagai negara yang berpengalaman dalam penanggulangan bencana,” ujar Menko PMK saat konferensi pers Evaluasi Persiapan Pelaksanaan GPDRR Ke-7 Tahun 2022, Kamis (21/4/2022).

Dalam rapat persiapan, kata Muhadjir dibahas delapan bidang antara lain substansi, acara persidangan dan registrasi, penyelenggara acara VVIP, media dan humas, program pendamping, pengamanan, sekretariat dan lainnya.

Baca juga: YKMI Ingatkan Pemerintah Terkait Putusan MA Wajib Sediakan Vaksin Halal

"Rapat tingkat menteri dilakukan guna memonitoring, mengevaluasi, sekaligus menghimpun berbagai macam tren baru penanganan kebencanaan. Dengan dipercayanya Indonesia sebagai tuan rumah forum internasional ini, menjadi momentum untuk memperkuat mitigasi, praktik baik pengurangan resiko bencana, termasuk penanggulangan bencana secara global dan nasional. Maka dari itu harus kita persiapkan dengan matang,” ujarnya.

Sejumlah tamu undangan akan hadir dalam forum internasional tersebut diantaranya United Nations Deputy Secretary-General Amina J. Mohammed dan President of United Nations General Assembly Abdulla Sahid. Ia berharap Sekjen PBB juga dapat hadir pada forum internasional tersebut.

BERITA REKOMENDASI

“Perlu dipastikan agar pelayanan, fasilitasi, dan agenda tamu negara pada GPDRR 2022 berjalan dengan baik,” kata Muhadjir.

Adapun hingga 12 April 2022, sebanyak 3.142 delegasi telah mendaftar untuk hadir dalam GPDRR 2022 dan sebanyak 1.863 undangan sudah terakreditasi. Tercatat sekitar 76 persen telah mengkonfirmasi akan hadir in-person. Penerimaan, pelayanan dan fasilitasi para delegasi pada GPDRR 2022 terus dipersiapkan oleh Panitia Nasional.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas