Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Selasa, 26 April 2022: Waspada 27 Wilayah Ini Hujan Lebat Disertai Angin

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk Selasa (26/4/2022), waspada 27 wilayah berikut ini hujan lebat disertai angin.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Sri Juliati
zoom-in Peringatan Dini BMKG Selasa, 26 April 2022: Waspada 27 Wilayah Ini Hujan Lebat Disertai Angin
Grafis/Rahmandito Dwiatno
Prakiraan Cuaca - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk Selasa (26/4/2022), waspada 27 wilayah berikut ini hujan lebat disertai angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk Selasa (26/4/2022) besok.

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Bibit Siklon Tropis 98S terpantau di Samudra Hindia selatan barat daya Bengkulu (14.2LS, 100.4BT) dengan kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minimum 997,2 hPa.

Sistem ini bergerak ke arah barat daya dan memiliki potensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada pada kategori menengah.

Sistem ini menginduksi daerah peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Samudra Hindia selatan Lampung-Banten.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis, low level jet dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca juga: Dwikorita Karnawati: Buatan BMKG Sejak Dipasang Tetap Baik Dan Data Yang Dihasilkan Selalu Tepat

Selain itu, Sirkulasi Siklonik terpantau di pesisir barat Aceh, Laut Maluku dan di perairan sebelah timur Sulawesi Tenggara.

Kondisi ini membentuk daerah konvergensi memanjang dari Sumatera Utara hingga Aceh, di Maluku Utara, dari Laut Sulawesi hingga Sulawesi Utara, dan di Sulawesi bagian tengah.

BERITA REKOMENDASI

Daerah Konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Sumatera Barat hingga Riau, dari Bengkulu hingga Jambi, di Sumatera Selatan, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di Kalimantan Barat, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, di Kalimantan Utara dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca juga: Aktivitas Gunung Anak Krakatau Meningkat, Keluarkan Emisi Sulfur Dioksida hingga 9 Ribu Ton Per Hari

Baca juga: Hilal Berpotensi Terlihat Minggu 1 Mei 2022, BMKG Minta Masyarakat Menunggu Keputusan Pemerintah

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Selasa, 26 April 2022 hingga Rabu, 27 April 2022:

Selasa, 26 April 2022

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Barat

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas