Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasil Survei: 77,5 % Responden Puas dengan Kinerja Polri Tangani Arus Mudik-Balik Lebaran 2022

Indikator Politik Indonesia melakukan survei terkait keberhasilan penanganan arus mudik maupun balik Lebaran 2022.

Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Hasil Survei: 77,5 % Responden Puas dengan Kinerja Polri Tangani Arus Mudik-Balik Lebaran 2022
Tribunnews/Irwan Rismawan
Petugas melakukan penjagaan arus mudik di Gerbang Tol Pejagan, di ruas Tol Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa Tengah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indikator Politik Indonesia melakukan survei terkait keberhasilan penanganan arus mudik maupun balik Lebaran 2022.

Hasil survei menyebut 77,5 persen masyarakat merasa puas atas kinerja Polri yang disebut berperan dalam kesuksesan arus mudik-balik Lebaran pada tahun ini.

"Mayoritas menilai pihak kepolisian cukup atau sangat berperan dalam mengatur kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei melalui virtual, Minggu (15/5/2022).

Jumlah itu setelah dijumlahkan dari peran sangat besar dan cukup besar peran Polri mengatur kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran.

Baca juga: Survei Indikator Politik: Masyarakat Ingin Mafia Minyak Goreng Dituntaskan

Sebanyak 19,7 persen masyarakat menyatakan bahwa kepolisian memiliki peran sangat besar dalam mengatur kelancaran arus mudik. Sementara, 57,8 persen menyebut cukup besar.

Tak hanya itu, Burhanuddin menyebut, masyarakat juga merasakan kepuasannya dari kinerja Pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik dengan nilai 73,8 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei bertajuk Drama Minyak Goreng dan Kepuasan Publik Terhadap Presiden yang disiarkan di kanal Youtube Indikator Politik Indonesia pada Minggu (15/5/2022).
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei bertajuk Drama Minyak Goreng dan Kepuasan Publik Terhadap Presiden yang disiarkan di kanal Youtube Indikator Politik Indonesia pada Minggu (15/5/2022). (Tribunnews.com/ Gita Irawan)
BERITA REKOMENDASI

Hasil survey, sebanyak 61,2 persen masyarakat menyatakan cukup puas atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik oleh Pemerintah. Sementara, 12,6 persen masyarakat lainnya, merasa sangat puas atas hal tersebut.

"Dukungan publik terhadap pelonggaran pembatasan pergerakan sehingga warga bisa mudik mencapai lebih dari 91,3 persen, dan 73,8 persen warga puas terhadap kinerja pemerintah dalam menangani arus mudik Lebaran tahun ini," ujar Burhanuddin.

Baca juga: Survei Indikator Politik Bulan Mei 2022: 58,1 % Responden Puas Dengan Kinerja Presiden Jokowi

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit juga memuji kinerja kepolisian dalam mengawal mudik Lebaran 2022.

“Kami berterima kasih atas peran dan kerja keras seluruh stakeholders, khususnya Korlantas, Direkorat Lantas Polda, dan Satuan Lantas Polres yang telah memberi pelayanan maksimal,” ujar Danang.

Dalam survei rilis ini, Indikator menggunakan metode kontak telepon kepada responden. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83 % dari total populasi nasional.

Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2.9 % pada tingkat kepercayaan 95 % , asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas