Tribun

Fahmi Idris Meninggal Dunia

Mantan Menteri Fahmi Idris Meninggal Setelah Berjuang Melawan Kanker Darah

Fahmi Idris mengembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Medistira setelah berjuang melawan penyakit kanker darah yang diidapnya sejak 2008.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Mantan Menteri Fahmi Idris Meninggal Setelah Berjuang Melawan Kanker Darah
Ist
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga merupakan Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat melayat jenazah Fahmi Idris di rumah duka Jalan Mampang Prapatan IV, Jakarta Selatan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia era Presiden BJ Habibie, Fahmi Idris meninggal dunia pada Minggu (22/5) kemarin sekitar pukul 10.00 WIB.

Ia mengembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Medistira setelah berjuang melawan penyakit kanker darah yang diidapnya sejak beberapa tahun terakhir.

Kabar duka meninggalkan Fahmi awalnya disampaikan anaknya, Fahira Idris.

"Telah berpulang ke Rahmatullah Ayah saya, Bp. Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo Wafat jam 10.00 wib di ICU RS Medistra," kata anggota DPD RI itu.

Baca juga: PROFIL Fahira Idris, Putri Mendiang Fahmi Idris, Seorang Politikus, Aktivis, hingga Pengusaha

Dari Rumah Sakit Medistra jenazah Fahmi dibawa ke rumah duka di Mampang Prapatan IV Nomor 20, Jakarta Selatan.

Di sana masyarakat sekitar hingga pejabat negara tampak hadir.

Mulai dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan politisi Golkar Yoris Raweyai. Hadir pula Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Kepada awak media Yoris mengungkapkan penyebab wafatnya Fahmi Idris. Politisi senior Partai Golkar itu disebut mengidap penyakit kanker darah. “Kena kanker, kanker darah,” kata Yoris.

Ia menjelaskan mendiang Fahmi Idris sudah sejak 2008 mengidap kanker darah. Sejak saat itu pula mantan Menteri Tenaga Kerja itu bolak-balik berobat ke rumah sakit hingga akhirnya meninggal.

”Berobat-berobat, terakhir empat hari ini masuk dan menghembuskan nafas terakhir,” tuturnya.

Anggota Dewan Pembina Partai Golkar Fahmi Idris ketika ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (27/3/2018).
Anggota Dewan Pembina Partai Golkar Fahmi Idris ketika ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (27/3/2018). (KOMPAS.com/ MOH NADLIR)

Dari rumah duka jenazah Fahmi Idris dibawa ke tempat peristirahan terakhirnya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta.

Ia dimakamkan satu liang lahat bersama almarhumah istrinya, Kartini Merdeka, yang meninggal delapan tahun lalu. Dari pantauan Tribunnews.com, tampak rombongan keluarga dan masyarakat ikut mengantarkan jenazah Fahmi.

"Terima kasih untuk masyarakat yang sudah mengantarkan sampai Pemakaman Tanah Kusir," ungkap Fahira Idris, anak almarhum.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ikut mengantar jenazah Fahmi hingga ke TPU Tanah Kusir mengungkapkan bela sungkawanya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas