Tribun

Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia

Kenang Sosok Syafii Maarif, Amien Rais: Almarhum Banyak Jasanya Buat Muhammadiyah dan Bangsa Kita

Amien Rais turut mengucapkan belasungkawa atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Kenang Sosok Syafii Maarif, Amien Rais: Almarhum Banyak Jasanya Buat Muhammadiyah dan Bangsa Kita
Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais turut mengucapkan belasungkawa atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif, Jumat (28/5/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tokoh Muhammadiyah sekaligus mantan Ketua MPR Amien Rais turut mengucapkan belasungkawa atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif.

Amien Rais menyatakan, dirinya merasa sangat berduka, mengingat mereka berdua merupakan sahabat seperjuangan.

"Pada hari ini saya berduka cita sangat mendalam karena sahabat saya, karib saya sejak muda sampai setua ini," kata Amien Rais kepada Tribunnews.com, Jumat (27/5/2022).

Politikus senior yang kini menjabat sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Ummat itu bahkan bersaksi atas sosok Buya Syafii selama hidup.

Kata dia, Buya Syafii merupakan figur yang telah memiliki banyak jasa bagi bangsa khususnya PP Muhammadiyah.

"Saya sebagai saksi bahwa dalam kehidupan yang panjang, almarhum Ahmad Syafii Maarif telah banyak jasanya buat Muhammadiyah, buat bangsa kita," ucap Amien.

Baca juga: Doa khusus untuk Buya Syafii Maarif di Arena Festival Kopi Tanah Air PDIP

Di akhir, mantan Ketua Umum PAN itu turut mendoakan kepergian Buya Syafii Maarif agar mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT.

"Saya doakan mudah-mudahan Ahmad Syafii Maarif diterima amal solehnya diampuni dosa-dosanya dan disertai orang-orang yang mendapat kan ridho Allah di tempat kan di sisi Allah secara sebaik-baiknya," kata Amien Rais.

Sebagai informasi, beberapa waktu yang lalu Buya Syafii Maarif sempat dirawat di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, karena mengalami serangan jantung ringan.

Kondisinya sempat membaik, sehingga Buya Syafii diizinkan pulang ke rumah pada akhir Maret 2022.

Namun pada pertengahan Mei 2022, Buya kembali masuk rumah sakit.

Baca juga: Moeldoko: Buya Syafii Maarif Memberikan Contoh Hidup Sederhana

Namun, takdir berkata lain, Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 1998-2005 itu meninggal dunia pada Jumat (27/5/2022) dalam usia 86 tahun.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Tlh wafat Buya Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua PP Muhammadiyah pada hari ini jam 10.15 di Yogyakarta," tulis Menkopolhukam Mahfud MD diakun Twitternya, Jumat (27/5/2022).

Almarhum meninggal di RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta, sekira pukul 10.15 WIB.

"Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do'a dari semuanya," ucap Ketua Umum PP Muhamadiyah Haedar Nashir dalam cuitan Twitternya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas