Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua DPR Puan Maharani Akan Buka Kickoff Meeting P20 di Surabaya

Puan menjadi keynote speaker dalam Kickoff Meeting P20 yang akan diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur itu.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Ketua DPR Puan Maharani Akan Buka Kickoff Meeting P20 di Surabaya
DOK. Humas DPR RI
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Puan Maharani. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah the 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) dan Ketua DPR RI Puan Maharani akan membuka secara resmi rangkaian pertemuan forum ketua parlemen negara-negara G20 tersebut.

Puan menjadi keynote speaker dalam Kickoff Meeting P20 yang akan diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur itu.

“Sejalan dengan kekuatan Pemerintah Indonesia di G20 yang mengangkat tema ‘Recover Together, Recover Stronger’, DPR menekankan peran parlemen dalam pemulihan pasca-pandemi melalui tema ‘Stronger Parliament for Sustainable Recovery’,” kata Puan dalam keterangan yang diterima, Selasa (14/6/2022).

Menurut Puan, tema ini akan menjadi bahan diskusi para ketua parlemen G20 pada perhelatan P20.

Ada empat isu prioritas yang akan menjadi bahasan dalam forum P20 nanti, yaitu pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, ekonomi inklusif dan masyarakat yang kuat, parlemen efektif dan demokrasi yang kuat, serta kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

“Pemulihan pascapandemi Covid-19 telah menjadi isu global yang tidak hanya digaungkan negara-negara G20. Dalam konteks pembangunan, agenda pemulihan membawa spirit build back better,” kata Ketua DPP PDIP itu.

BERITA REKOMENDASI

“Artinya pemulihan membawa misi untuk pembangunan masa depan yang lebih kuat dan lebih solid. Pada saat yang sama, komitmen global untuk pulih bersama telah menjadi agenda bahasan di berbagai forum multilateral Parlemen sebagai lembaga representasi yang memiliki peran krusial menjembatani kepentingan publik,” lanjutnya.

Kickoff Meeting P20 sebagai pembukaan atas serangkaian pertemuan menjelang P20 Summit pada 6-7 Oktober mendatang, akan dihadiri oleh para Duta Besar negara-negara G20 dan negara-negara undangan.

Adapun acara akan digelar secara hybrid dalam bentuk forum-forum presentasi dari narasumber serta diskusi dengan akademisi.

Sebagai informasi, P20 merupakan forum parlemen negara-negara G20 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Selain memegang kursi presidensi G20 untuk pertama kalinya, Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi forum multilateral tersebut.

Puan mengatakan, forum P20 menjadi upaya DPR dalam membangun sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder terkait yang menjadi bagian dari G20.

Puan pun menjabarkan, kekuatan Indonesia di P20 memiliki tiga tujuan. Tujuan tersebut adalah meningkatkan dimensi parlementer untuk mendukung agenda-agenda global, serta mendorong interaksi dan kerja sama yang lebih erat antara pemerintah dan parlemen dalam implementasi hasil-hasil pertemuan G20.

“Dan memperkuat interaksi antara Ketua Parlemen negara-negara G20 dan negara negara mitra serta kerja sama dengan PBB dan organisasi internasional lainnya,” kata Puan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas