Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo Subianto Bicara Tentang Rencananya di Pilpres 2024 hingga Perihal Ketegangan AS-China

Menurut beberapa survei, nama Prabowo Subianto disebut memiliki elektabilitas tertinggi untuk di Pilpres 2024.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Prabowo Subianto Bicara Tentang Rencananya di Pilpres 2024 hingga Perihal Ketegangan AS-China
Istimewa
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. 

TRIBUNEWS.COM - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mendapat pertanyaan dari wartawan Aljazeera Jessica Washington tentang rencananya maju di Pilpres 2024.

Namun, Prabowo menjawab pertanyaan tersebut secara diplomatis.

"Jika saya dibutuhkan, jika ada dukungan kuat untuk saya, maka saya harus menempatkan diri saya untuk melayani rakyat dan negara saya," kata Prabowo kepada Jessica, seperti dikutip dari Aljazeera.

Prabowo meladeni wawancara tersebut usai menghadiri acara The International Institute Of Strategic Studies (IISS) Asia Security Summit: The Shangri-La Dialogue (SLD) di Singapura.

Shangri-La Dialogue merupakan konferensi yang dihadiri para menteri pertahanan di seluruh Asia-Pasifik.

Saat meladeni wawancara wartawan Aljazeera Jessica Washington, Prabowo menanggapi beberapa isu.

Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto saat hadir memberikan orasi ilmiah dalam acara Wisuda Semester Gasal TA 2021/2022 Universitas Pancasila, yang disiarkan secara daring, Selasa (7/6/2022).
Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto saat hadir memberikan orasi ilmiah dalam acara Wisuda Semester Gasal TA 2021/2022 Universitas Pancasila, yang disiarkan secara daring, Selasa (7/6/2022). (Tangkapan Layar/Rizki Sandi Saputra)

Mulai dari konflik Ukraina-Rusia, meningkatnya ketegangan Amerika Serikat (AS)-China, situasi terkini Myanmar, modernisasi persenjataan militer Indonesia, termasuk rencananya di Pilpres 2024.

BERITA TERKAIT

Berikut petikan wawancara Prabowo Subianto dengan wartawan Aljazeera Jessica Washington yang dikutip dari Aljazeera:

Al Jazeera: Dalam pidato Anda di Dialog Shangri-La, Anda berbicara tentang “cara Asia”. Di mana Indonesia cocok dengan ide itu?

Subianto: Itu adalah budaya kami bahwa kami selalu berusaha menyelesaikan masalah dengan negosiasi, dengan interaksi, dengan keterlibatan, dan kami terus terlibat, kami terus berdiskusi sampai kami menemukan solusi yang damai dan saling menguntungkan. Itu adalah cara Asia.

Dan itu adalah cara Indonesia. Kami menyebutnya musyawarah mufakat dan kami menyebutnya gotong royong. Kami mencari kepentingan bersama; jika kita selalu berbicara tentang perbedaan, kita mungkin bahkan tidak bertemu.

Al Jazeera: Fokus besar selama KTT ini adalah pada ketegangan AS-China. Apa yang Anda lihat sebagai peran Indonesia dalam menangani ketegangan tersebut?

Subianto: Kami berada dalam posisi nyata dan aktual yang kami hormati dan kami bersahabat, dan kami adalah teman baik. Kami memiliki kerja sama yang baik dengan kedua kekuatan — saya telah mengatakan itu berkali-kali.

Amerika Serikat telah membantu kami berkali-kali, di saat-saat kritis kami. Tetapi China juga telah membantu kami.

Baca juga: Sekjen Gerindra: Prabowo Sangat Serius Atasi Masalah Pangan

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas