Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Legislator Golkar Harap Revisi UU Narkotika Atur Perlindungan Saksi Pelapor demi Rasa Aman

Andi Rio Idris Padjalangi harap revisi Undang Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika juga perhatikan perlindungan saksi pelapor kejahatan narkotika

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Legislator Golkar Harap Revisi UU Narkotika Atur Perlindungan Saksi Pelapor demi Rasa Aman
Ahmedabad Mirror
Ilustrasi narkotika - 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi berharap, revisi Undang Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika tidak hanya memberikan kepastian hukum antara korban dan bandar narkoba serta upaya rehabilitasi kepada korban penyalahgunaan narkoba, namun juga harus memperhatikan perlindungan saksi atau pelapor kejahatan narkotika.

Menurutnya, perlindungan kepada saksi dan pelapor sangat penting untuk memberikan rasa aman.

"Perlindungan kepada saksi dan pelapor sangat penting, berikan rasa aman dan nyaman kepada para pelapor atau saksi yang memberikan informasi kejahatan narkoba di tengah masyarakat. Jangan sampai masyarakat takut melaporkan karena merasa terancam pribadinya," kata Andi Rio kepada wartawan, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Polres Jakbar Gagalkan Peredaran Ratusan Kilogram Ganja Jaringan Sumatera-Jawa




Legislator Golkar itu menjelaskan siklus peredaran narkotika di tanah air kerap meningkat dan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap nasib generasi bangsa Indonesia.

Saksi dan pelapor harus disembunyikan identitas pribadinya tanpa harus dipertemukan dengan tersangka di pengadilan, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) harus menjadi garda terdepan dalam hal ini.

"Aparat penegak hukum harus bisa memberikan kepastian keamanan terhadap saksi dan pelapor, sehingga upaya perang dalam memberantas narkoba di tanah air bisa secara bertahap di selesaikan sesuai harapan," ujarnya.

Baca juga: Jelang Hari Antinarkotika Internasional, BNN Musnahkan Ratusan Kilogram Narkoba

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI meminta seluruh aparat penegak hukum baik dari Kepolisian, Badan Narkotika Nasional (BNN), Kejaksaan, TNI, LPSK serta unsur elemen masyarakat dapat memiliki komitmen dalam memberantas narkoba.

BERITA TERKAIT

Sehingga pemberian perlindungan kepada saksi dan korban dapat terimplementasikan dengan baik di lapangan.

"Pemberantasan narkoba harus selalu dengan komunikasi dan kordinasi yang baik, seluruh stakholder harus dapat sinergis dalam memberantas narkotika di tanah air," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas