Tribun

Reshuffle Kabinet

Menseskab Tegaskan Reshuffle Kabinet Dilakukan Secara Matang dan Tidak Tiba-tiba

Menurutnya perombakan kabinet dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan diskusi yang panjang. 

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Menseskab Tegaskan Reshuffle Kabinet Dilakukan Secara Matang dan Tidak Tiba-tiba
Sekretariat Presiden
Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan mengenai pelantikan 2 Menteri dan 3 Wakil Menteri baru yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu, (15/6/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan mengenai pelantikan 2 Menteri dan 3 Wakil Menteri baru yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu, (15/6/2022).

Ia mengatakan bahwa perombakan kabinet yang dilakukan bukan hal tiba-tiba.

Menurutnya perombakan kabinet dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan diskusi yang panjang. 

“Reshuffle ini dilakukan bukan hal yang tiba-tiba, dengan pemikiran yang sudah cukup matang dan diskusi yang panjang, presiden memang memerlukan semacam refreshing dari beberapa menteri dan wakil menteri,” kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta sebelum pelantikan .

Menurut Pramono pelantikan dilakukan sekarang ini karena momentumnya dinilai sangat tepat. Ia berharap dengan adanya perombakan, Kabinet Jokowi-Ma’ruf semakin kuat.

Kiri-Kanan atas) Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto. (Kiri-kanan bawah) Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Watipo; Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor; dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni. Mereka adalah menteri dan wakil menteri baru yang dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). ( Kolase TribunJakarta.com)
Kiri-Kanan atas) Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto. (Kiri-kanan bawah) Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Watipo; Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor; dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni. Mereka adalah menteri dan wakil menteri baru yang dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). ( Kolase TribunJakarta.com) (TribunJakarta.com/kolase)

“Sehingga dengan demikian dua menteri tiga wakil menteri yang nanti akan dikukuhkan dilantik oleh presiden sekaligus mudah-mudahan ini akan memperkuat kabinet yang ada,” katanya.

Baca juga: Sah, Jokowi Lantik Zulkifli Hasan Sebagai Mendag dan Hadi Tjahjanto Sebagai Menteri ATR/BPN

Pramono juga mengatakan bahwa perombakan kabinet dilakukan untuk mengatasi sejumlah permasalahan.

Presiden kata dia cukup memahami persoalan yang ada termasuk urusan minyak curah, urusan pangan, dan urusan energi.

“Sehingga itulah yang menjadi prioritas untuk itu kenapa kemudian ada penyegaran didalam tubuh kabinet,” pungkasnya. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi)  resmi melantik calon menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (15/6/2022).

Para menteri dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Menteri yang dilantik yakni : 

1. Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan 

2. Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas