Tribun

Angkie Yudistia Luncurkan Thisable Forum, Platform Diskusi Khusus Penyandang Disabilitas

Di dalam forum diskusi itu nantinya bisa digunakan untuk berbagi pengalaman ataupun bertukar cerita terkait penyandang disabilitas dengan anggota lain

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Angkie Yudistia Luncurkan Thisable Forum, Platform Diskusi Khusus Penyandang Disabilitas
Istimewa
Angkie Yudistia, Founder sekaligus inisiator platform Thisable Forum. Menjawab permasalahan seputar penyandang disabilitas, maka dari itu Thisable Forum hadir untuk membantu masyarakat agar dapat berkomunikasi dengan anggota dalam Thisable Forum, baik itu penyandang disabilitas dan juga ekosistem pendukungnya 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam upaya menyosialisasikan informasi seputar hak dan kewajiban penyandang disabilitas, Yayasan Thisable meluncurkan sebuah platform digital diskusi.

Platform yang dimaksud diberi nama Thisable Forum.

"Untuk menjawab permasalahan seputar penyandang disabilitas, maka dari itu Thisable Forum hadir untuk membantu masyarakat agar dapat berkomunikasi dengan anggota dalam Thisable Forum, baik itu penyandang disabilitas dan juga ekosistem pendukungnya,"kata Angkie Yudistia, Founder sekaligus inisiator platform Thisable Forum, di Jakarta, Kamis (16/6/2022). 

Angkie yang juga penyandang disabilitas ini menjelaskan Thisable Forum adalah sebuah platform digital pertama di Indonesia yang dapat diakses melalui www.thisableforum.com dan dirancang khusus untuk menciptakan ekosistem inklusif sesama penyandang disabilitas dan juga sistem pendukungnya.

Di dalam forum diskusi itu nantinya bisa digunakan untuk berbagi pengalaman ataupun bertukar cerita terkait penyandang disabilitas dengan anggota lainnya.

"Kalian nanti bisa bertukar informasi apa saja yang masih berkaitan dengan penyandang disabilitas, seperti berbagi informasi ketenagakerjaan, peningkatan kemampuan dan juga kegiatan pelatihan,"tambah Angkie.

Baca juga: Menko PMK: Penyandang Disabilitas Harus Mendapatkan Layanan Pendidikan Bermutu

Angkie menceritakan bahwa hadirnya forum diskusi ini dilatar belakangi adanya hambatan informasi seputar penyandang disabilitas di masyarakat yang berdampak pada sulitnya mewujudkan Indonesia yang inklusif.

Menurutnya, penyandang disabilitas cenderung memiliki kerentanan yang tinggi untuk mengalami eksklusi (Proses yang menghalangi atau menghambat individu dan komunitas dalam mendapatkan informasi.

Angkie berharap dengan forum diskusi yang diinisiasi olehnya, bisa menjadi wadah yang tepat untuk mengurangi hambatan informasi mengenai penyandang disabilitas.

"Kita taukan kondisi di masyarakat saat ini, masih kita ketemukan penyandang disabilitas mendapat perlakuan yang tidak adil dan mengalami bullying, itu karena apa? Karena adanya hambatan informasi seputar penyandang disabilitas belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat, dan itu menjadi tugas kita bersama. Dengan adanya forum ini semoga hambatan yang dimaksud itu bisa berkurang,"tutur Angkie.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas