Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keluarga Kecewa Atas Putusan Pengadilan Malaysia yang Bebaskan Penyiksa Adelina Lisao Hingga Tewas

Keluarga Adelina Lisao kecewa atas putusan Mahkamah Persekutuan Malaysia membebaskan majikan Adelina bernama Ambika dari tuntutan hukum.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Keluarga Kecewa Atas Putusan Pengadilan Malaysia yang Bebaskan Penyiksa Adelina Lisao Hingga Tewas
Tribunnews.com/ Gita Irawan
Suster Laurentina dari Jaringan Anti Trafficking Nusa Tenggara Timur yang juga bagian dari Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Keadilan Adelina saat aksi protes di Kedutaan Besar Malaysia, Kuningan, Jakarta Selatan pada Senin (27/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keluarga Adelina Lisao kecewa atas putusan Mahkamah Persekutuan Malaysia membebaskan majikan Adelina bernama Ambika dari tuntutan hukum.

Diketahui Adelina Lisao merupakan seorang pekerja rumah tangga migran yang tewas disiksa majikannya di Malaysia pada 2018 lalu.

Suster Laurentina dari Jaringan Anti Trafficking Nusa Tenggara Timur mengatakan selama ini dirinya dan jaringannya telah mendampingi keluarga Adelina.

Satu di antara bentuk pendampingan tersebut, kata dia, adalah dengan menyampaikan kabar terbaru terkait kasus hukum Adelina.

Atas putusan Mahakamah Persekutuan Malaysia tersebut, kata dia, keluarga kecewa.

Baca juga: Koalisi Sipil Desak DPR Segera Sahkan RUU PRRT, Tak Ingin Ada Kasus Lagi Seperti Adelina

"Jelas kecewa. Memang kebetulan saat ini saya di Jakarta dan teman-teman di Nusa Tenggara Timur mereka juga mendampingi keluarga yang setiap saat mereka memberitahukan perkembangan-perkembangan yang ada terutama yang waktu beberapa bulan lalu juga dibebaskan, kami berusaha mendampingi keluarga, memberi kekuatan," kata Laurentina saat aksi protes di Kedutaan Besar Malaysia, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (27/6/2022).

BERITA REKOMENDASI

Ia mengatakan sampai saat ini keluarga Adelina masih mengharapkan keadilan meskipun selama ini Pemerintah Indonesia telah memberikan sejumlah uang santunan kepada keluarga Adelina.

Baca juga: Majikan Penyiksa TKI Adelina Bebas, DPR RI Kecam dan Minta Pemerintah Protes Keras Malaysia

Namum demikian, kata dia, uang tersebut tidak dapat menggantikan duka mendalam keluarga atas tewasnya Adelina.

Menurutinya, putusan bebasnya majikan Adelina tersebut tidak bisa didiamkan atau diremehkan begitu saja.

"Ketika ada kasus seperti ini, didiamkan, atau kita diremehkan. Nanti kalau misalnya ada lagi, akan seperti itu lagi berulang-ulang, dan akan muncul Adelina Adelina yang lain. Ini yang menjadi kekhawatiran kami karena perlindungan pekerja migran yang PRT itu belum terjadi, masih disepelekan," kata Laurentina.

Baca juga: Pemerintah Didesak Layangkan Nota Protes Diplomatik Keras Atas Bebasnya Penyiksa Adelina Lisao

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Indonesia akan tetap mengupayakan keadilan bagi mendiang Adelina Lisao melalui jalur hukum perdata.

Hal ini ditegaskan Direktur Pelindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha pada konferensi pers terkait pembebasan majikan Adelina, Sabtu (25/6/2022).

Adelina merupakan seorang pekerja migran Indonesia (PMI) yang meninggal pada 2018 setelah mengalami penyiksaan oleh majikannya bernama Ambika.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas